Minazzulumati Ilannur_ Habis Gelap Menuju Cahaya Peran Kartini Sebagai Pahlawan Perempuan

More articles

spot_img

Bicara tentang kartinipun ada 2 pokok utama yang sering digaungkan dalam pemikiran masyarakat (Pahlawan Perempuan Nasional dan Tokoh perjuang emansipasi). Kartini terkenal dengan bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang” dan kartini mendirikan sekolah. Faktanya memang berbeda, pertama kartini tidak pernah membuat buku, buku Habis Gelap Terbiltah Terang merupakan kumpulan surat yang disusun oleh Ny Abendon yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kerajaan Hindia Belanda. Penulisan judul habis gelap terbitlah terangpun diindikasi dengan kartini banyak mengulas kata ”Habis Gelap Menuju Cahaya” yang terinsipirasi dari kalimat terakhir dalam Alqur’an Surat Al-Baqarah 257 “ minazzulumati ilannur”.

Kedua, kartini tidak pernah mendirikan sekolah perempuan, tapi ia hanya menggagas pendirian sekolah perempuan pada suaminya dan saat sekolah tersebut mulai didirikan kartini wafat 1904. Faktanya sekolah yayasan kartini didirikan di semarang 8 tahun setelah ia wafat 1912, yayasan sekolah ini didirikan oleh orang belanda yaitu yayasan van deventer tokoh politik etis.

Banyak polemik yang akan dibahas dalam kehidupan kartini, disini saya simpulkan kalau fokus utama perjuangan kartini bukan bicara pendidikan saja, tapi lebih terarah pada keinginannya untuk mendobrak kungkungan adat yang membuat perempuan jepara tidak dengan bebas mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki dan perempuan daerah lain.

Lalu kenapa harus kartini yang menjadi ikon emansipasi dan tokoh pahlawan nasional?
Pertama saya ulas dan katakan kalau kartini itu mengalami pergulatan ideologi. Tidak saya sangkal kalau kartini kebanyakan hanya menulis surat ke sahabatnya di belanda, tidak ada wujud pergerakan yang konkret. Pada awal-awal kartini begitu memuja barat terutama pendidikan eropa yang “ bebas”. Kartini memang wanita yang cerdas dari perempuan lain disekitarnya, tapi apakah benar kartini itu berhasil menyuarakan pembebasan perempuan melalui feminisme?
Saya jawab tidak kartini belum berhasil. Disinni saya gunakan kata”belum” bukan tidak. Karna orientasi pandangan kartini terhadap barat berubah total semenjak ia mengenal hakikat islam.

Menjelang akhir hayatnya tahun 1899 kartini bertemu dan mendengarkan tafsir ayat al-qur’an surat alfatihah, hal ini menggugah kartini. Ia meminta kepada KH Sholeh Darat untuk menterjemahkan alqur’an kedalam bahasa yang memang dimengerti masyarakat disana. Satu poin penting yang harus digaris bawahi, masa-masa ini terjadi upaya minimalisir peranan keislaman di indonesia oleh belanda. Belanda bahkan melarang penerjemahan al-qur’an kedalam bahasa indonesia, maka KH Sholeh darat melalui permintaan dan dukungan kartini menterjemahkan alquran kedalam bahasa jawa dengan tulisan arab pagon. Kartini saat menikah diberi hadiah terjemahan 13 juz alqur’an mulai surat al-baqarah sampai ibrahim. Hal ini yang merubah ideologi pandangan kartini dan disinilah makna satu kalimat yang ditulis kartini itu sendiri ”habis gelap menuju cahaya”
Dalam beberapa suratnya akan saya paparkan sebagai berikut yang menunjukkan bahwa tidak selama hidupnya kartini memuja barat atau belanda, tidak semua isi surat ditulis kepada sahabatnya di belanda dan NY Abendon berisi orientasi pendidikan barat.

Surat tanggal 27 oktober 1909 kepada Ny.Abendon = “ Sudah lewat masanya, tadinya kami mengira bahwa masyarakat eropa itu benar-benar satu-satunya yang paling baik tiada tara. Maafkan kami, tapi apakah ibu sendiri mengaggap eropa itu sempurna? dapatkan ibu menyangkal bahwa dibalik hal-hal yang indah dalam masyarakat terdapat hal yang tidak bisa disebut peradaban? Moga-moga kami mendapat rahmat ,dapat bekerja membuat umat agama lain memandang islam patut disukai. Realitasnya memang sebentar dan tidak dalam kurun waktu yang lama, kartini melihat persoalan perempuan dari sudut pandang islam. Perempuan sebagai pendidik utama sehingga ia harus dididik dan dicerdaskan, bukan sebagaimana budaya barat yang memberikan kebebasan tanpa batas.

Surat tanggal 4 Oktober 1902 = “ kami disini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami ingin anak perempuan itu menjadi saingan lak-laki dalam perjuangan hidup. Tapi karena kami yakin akan berpengaruh besar sekali bagi kaum wanita agar lebih optimal dalam melakukan kewajiban yang diserahkan alam ketangannya menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama.

Surat 21 juli 1902= ”Saya bertekad memperbaiki citra islam yang selama ini kerap menjadi sasaran fitnah.
Memang benar dan tidak dapat disangkal kalau kartini perannya tidak cukup esensial jika dikategorisasikan menjadi pahlawan perempuan nasional dan tokoh penggerak emansipasi wanita, dan masih banyak perempuan lain diberbagai penjuru nusantara yang lebih layak dan pantas mendapatkan gelar tersebut.

Saat kartini dewasa menjelang lima tahun sebelum ajal menjemput, orientasi pandangan ini berubah sejak mengenal islam. Pandangan kartini tentang pendidikan, bagaimana seharusnya perempuan mendapatkan pendidikan yang layakpun ia pikirkan, yang bisa dililhat melalui surat yang dikirim kepada Ny Abendon sejak tahun 1899 sampai 1903, hanya saja takdir kartini terlalu singkat saat ia mendapati pencerahan, sehingga wujud pergerakannya tidak terlihat karna tidak terealisasi sepenuhnya. Paling tidak kartini telah meminta dan mendukung KH Sholeh Darat untuk menterjemahkan AL-Qur’an kedalam bahasa jawa dengan tulisan arab pagon yang dikenal dengan nama kitab Fathur-Rohman.

Mengapa harus kartini?? Hal ini karna pemikiran awal kartini yang masih belum stabil, dimassa petarungan idiologi dalam dirinya atau sebelum ia mengenal makna Al-Qur’an dianggap oleh pihak belanda sejalan dengan pemikiran mereka, karna ini pula kartini terkenal di belanda dengan bukti ada 4 jalan dibelanda dengan adanya unsur nama”kartini”.

Intinya kartini hanya korban pembajakan sejarah, korban ikon emansipasi yang digaungkan belanda untuk kepentingan mereka sendiri. Untuk memahami kajian “peran kartini sebagai pahlawan perempuan:padahal hanya menulis surat kesahabatnya di belanda” secara mendalam harus didasarkan pada pengkotakan pemikiran dan pandangan, dari dua periode pemikiran kartini semasa hidupnya.

Kajian lebih lanjut mengenai wacana kartini sebagai pahlawan nasional dan tokoh penggerak emansipasi wanita merupakan andil besar dari pihak belanda. Belanda menginginkan kartini untuk dibesar-besarkan karena pemikiran awal kartini yang dianggap sejalan dengan pemerintah belanda, maka belanda menjadikan kartini sebagai korban sesuai dengan pernyataan saya di atas. Peringatan hari kartini dalam sejarah dimulai setelah 2 Mei 1964 oleh Sukarno melalui Kepres RI No.108 Tahun 1964 tentang penetapan kartini sebagai pahlawan kemerdekaan nasional. Padahal faktanya peringatan hari kartini dirintis oleh pihak belanda yaitu tepatnya waktu 50 tahun kelahiran dan 5 tahun kematian kartini.(dikutip dari buku Sisi Lain Kartini,hal 123).Upaya belanda menggaungkan mitos sejarah sebagai warisan kolonial ini mulai tersebar dipenjuru nusantara, bahkan dalam surat kabar soenting melajoe di padang terbitan 1921 sudah membahas tentang” Sedikit Rentjana Tersalin dari kitab Raden Ajeng Kartini”.

Oleh : Bintang Maharani Putri
Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNP

spot_img

Latest

spot_img