DODDI, ST, MH Serahkan Pokir Untuk Pengembangan Wisata Pokdarwis

DODDI, ST, MH Serahkan Pokir Untuk Pengembangan Wisata Pokdarwis. (Foto: Ist)

Agam, Investigasi.news – DODDI, ST. MH mewujudkan keinginan dan harapan Pokdarwis Simarasok. Dengan memberikan bantuan satu paket lengkap Perahu Arung jeram. Dan telah diserahkan 2 unit permainan Air Bebek Dayung serta 1 Bangunan Gazebo untuk puncak Tabek Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam.

Pertemuan serah terima tersebut juga langsung dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Agam DODDI, ST, MH didampingi Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Agam Hardoni, ST. MT, Selaku Kepala bidang (Kabid). Serta wali nagari Simarasok Muhammad Nurzen serta perangkat nagari, Jorong Sungai Angek Ifnaldi sekaligus sebagai ketua Pokdarwis serta jajaran. Disamping itu hadir juga dari beberapa kelompok, UMKM, kelompok Kube, pemuda pelopor, KUPS dan tak lepas dari kehadiran Kaba Simarasok Hendra Priadi beserta tim Kaba.

Seperti yang diketahui, Nagari Simarasok merupakan nagari yang kaya akan keindahan alam dan budayanya, Ini patut untuk kita suport bersama-sama baik itu dari sumbangsih pikiran, tenaga peralatan, anggaran dan lainnya. Agar dapat mewujudkan keberhasilan disegala bidang. Selain bantuan prasarana untuk Pokdarwis seperti perahu arung jeram, sarana lainnya harus kita dukung dan kita tumbuh kembang kan. Dalam mendukung segala pencapaian keberhasilan kemajuan nagari seperti kuliner, home stay, bumi perkemahan rute perjalanan wisata, cendra mata, produk-prodak UMKM dan juga pengembangan dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan serta pembangunan infrastuktur harus kita persamakan. Semoga kedepan nagari simarasok dapat membawa nama Kabupaten Agam ke tingkat yang lebih provinsi serta mancanegara.

Pencapaian kegiatan wisata Simarasok telah terasa kehadirannya, terbukti pokdarwis Simarasok telah mendapatkan peringkat juara harapan satu di tingkat Sumatera Barat dalam perlombaan di tingkat provinsi. Simarasok telah masuk dalam daftar 300 objek wisata yang ada di indonesia, serta telah tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Agam (RTRW) beberapa titik objek wisata yang akan dikembangkan.

Semoga kedepan dengan semangat kebersamaan seluruh unsur lebih dapat lagi menumbuh kembangkan semangat gotong royong dalam memajukan nagari simarasok sebagai daerah tujuan destinasi wisata kedepan di samping semangat pak wali nagari yang selalu gigih dalam memperjuangkan kemajuan nagari simarasok”.

“Kita akan selalu berupaya bersama pemerintah Kabupaten Agam untuk dapat menyempurnakan Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan (RIPKA) kabupaten agam dalam membuat perencanaan secara detail seperti gambar dan RAB pengembangan objek-objek wisata strategis kedepannya agar cepat mendapat support anggaran dari kementrian dalam pengembangan wisata kedepan baik pembangunan fisik infrastruktur maupun sarana prasarana.

Dengan semakin canggihnya kemajuan zaman saat ini, kita mesti meningkatkan dan mempergunakan media promosi melalui sarana digitalisasi gaungkan dan ajaklah tamu-tamu dari manapun untuk berkunjung ke daerah kita dengan meningkatkan pelayanan terbaik, menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban sehingga tamu semakin banyak berkunjung ke simarasok.

Disamping itu Kabid Pariwisata Hardoni menyampaikan pemerintah kabupaten agam memprioritaskan pengembangan pariwisata yang lebih lagi untuk kedepannya, menitipkan kepada pokdarwis pergunakan lah sarana prasarana sebaik-baik nya sesuai peruntukannya, kembangkan objek-objek wisata terbaru sehingga kedepannya nagari simarasok dapat menaikan nama kabupaten Agam ke mancanegara dinas pariwisata akan selalu memberikan arahan, dorongan untuk kemajuan wisata kedepan.

Sementara, Wali nagari Simarasok Muhammad Nurzen memberikan apresiasi atas bantuan yang datang sehingga dapat menambah atas minimnya sarana prasarana selama ini, dan berharap kedepan perhatian khusus DPRD, pemerintah kabupaten agam, provinsi dan pusat untuk dapat mengembangkan, mempromosikan serta membenahi infrastruktur tentulah tidak lepas dari suport anggaran karena dana ADD tidak cukup untuk itu ungkap nya. Juga menyampaikan membakar semangat generasi muda sebagai generasi penerus agar selalu kompak dan kokoh dalam berjuang memajukan nagari simarasok.

Lebih lanjut, ketua kelompok Darwis simarasok yang sekaligus Jorong Sungaiangek Ifnaldi menyampaikan apresiasi atas bantuan yang telah di salurkan sehingga sangat membantu dalam proses kelancaran arung jerem yang selama ini masih kekurangan terhadap prasarana. Ada beberapa titik lokasi wisata di simarasok yang sangat butuh sarana pendukung lainnya, wisata goa simarasok, pemandian batu Putiah, jalur tracking dan lainnya. Sehingga dengan lengkapnya sarana prasarana kami siap untuk menerima tamu baik domestik maupun manca negara”, ungkap nya.

Pada lokasi terpisah Pokdarwis Sabainan Aluih yang disampaikan Bu Anum juga sangat mengapresiasi atas bantuan permainan air bebek dayung serta bangunan gazebo sehingga secara bertahap beberapa bangunan pendukung dan sarana prasarana sudah mulai terealisasi keberadaannya, meminta kepada seluruh sektor baik masyarakat kita perantau dan ranah, DPRD, pemerintah pusat sampai pemerintah dareh untuk selalu bersama mensupport melengkapi kebutuhan-kebutuhan pembangunan kedepannya dari beberapa sektor. Secara bertahap kedepannya objek wisata puncak tabek dapat menarik wisata domestik dan mancanegara. Daji/Ary