Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan, S,Pd, M.M Lepas Pawai Obor Festival Muharram

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Malam ini, Sabtu (6/7), Ketua DPRD Agam bersama Wali Nagari Bukikbatabuah, Ketua MDMC Sumbar, dan berbagai tokoh masyarakat setempat melepas pawai obor dalam rangka Festival Muharram di Simpang Bukik Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Acara yang dimulai pukul 19.45 WIB ini dihadiri oleh ratusan warga yang antusias menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut.

Pawai obor yang digelar setiap tahun ini merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru Islam 1446 H. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai upaya melestarikan budaya dan tradisi lokal yang telah berlangsung secara turun-temurun.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan,S,Pd,M.M mengapresiasi semangat kebersamaan warga Nagari Bukik Batabuah yang selalu kompak dalam menyelenggarakan acara ini. “Pawai obor ini merupakan simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat kita. Semoga acara ini terus dilestarikan dan menjadi warisan budaya yang dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Agam Terima Kunjungan Balasan DPRD Kep. Mentawai

Selain pawai obor, Festival Muharram juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti lomba seni islami, tausiyah, dan bazar makanan tradisional. Ketua MDMC Sumbar menyampaikan harapannya agar acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memperingati Tahun Baru Islam dengan kegiatan positif dan bermanfaat.

“Melalui festival ini, kita berharap dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan mempererat tali silaturahmi antarwarga. Semoga acara ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi muda tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya serta tradisi islami,” katanya.

Pawai obor yang dimulai dari Simpang Bukik dan berakhir di Balai Nagari Bukik Batabuah ini berlangsung meriah. Warga yang mengikuti pawai tampak semangat membawa obor yang menyala, menerangi malam dengan cahaya yang indah. Suasana semakin khidmat dengan lantunan shalawat yang dikumandangkan sepanjang rute pawai.

Baca Juga :  Anggota DPRD Agam Dapil IV Tampung Aspirasi Masyarakat Ampek Angkek

Tidak hanya itu, pada hari yang sama, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Musholla An Nur Kasiak, yang diadakan oleh MDMC Sumatera Barat bekerja sama dengan Lazismu Bukittinggi, UMHS, An Nur, dan beberapa organisasi lokal lainnya. Acara ini dimulai pukul 20.00 WIB dengan 5000 obor yang siap memeriahkan 1 Muharram 1446 H, diramaikan oleh 10 jorong, 5 nagari, 3 kecamatan dari 2 kabupaten, yaitu Agam dan Tanah Datar.

Dengan berakhirnya pawai obor, rangkaian acara Festival Muharram pun terus berlanjut hingga malam hari, memberikan hiburan dan keberkahan bagi seluruh warga yang hadir.

Hms

spot_img
spot_img

Latest

spot_img