Komisi II DPRD Agam Kunjungan ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Kota Bogor

Komisi II DPRD Agam saat berkunjung ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Kota Bogor. (Foto: Hms)

Bogor, Investigasi.news – Komisi II DPRD Kabupaten Agam melakukan kunjungan kerja ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Kota Bogor, Rabu (7/12). Kunjungan tersebut dalam rangka pengembangan teknologi perikanan budidaya ikan air tawar.

Kunjungan tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Agam Marga Indra Purta, didampingi Wakil Ketua DPRD Irfan Amran, Ketua Komisi II Zulpardi, dan Anggota Komisi serta pendamping komisi. Rombongan Komisi II diterima oleh Kepala BRPBATPP Kota Bogor Raden Roro Sri Pudji Sinarni Dewi, dan Humas BRPBATPP Nuryadi beserta jajarannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Instalasi Riset Plasma Nutfah Perikanan Air Tawar itu, Marga Indra Putra mengatakan maksud dan tujuan dari kunjungan Komisi II yaitu dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait pengembangan teknologi perikanan budidaya ikan air tawar.

Menanggapi kunjungan Komisi II DPRD Agam itu, Kepala BRPBATPP Raden Roro Sri Pudji Sinarni Dewi mengatakan kegiatan yang dilakukan pihaknya yaitu melaksanakan kegiatan riset, memfasilitasi dan menyelenggarakan riset Plasma Nutfah Perikanan Air Tawar untuk kepentingan internal maupun eksternal.

“selanjutnya, memfasilitasi perikanan air tawar bagi unit kerja dibawah BRSDM atau satuan lainnya, menyusun dan menyampaikan laporan penggunaan anggaran yang berhubungan dengan kegiatan ayang dilaksankan oleh instalasi KPD kepala BRPBATPP,” ujarnya.

Ia menambahkan, Jenis ikan yg dikembangkan di BRPBATPP yaitu, Ikan Tor Doronensis, Ikan Tor Soro, Ikan Tor Tambroides, Ikan jelawat, Ikan Uceng, Ikan Lalawak, Ikan Belida, ikan Toman, dan ikan air tawar lainnya.

“Di instalasi ini juga tersedia pengolahan pakan ikan dan vaksin dan juga tersedia tempat belajar dan pelatihan untuk budidaya ikan air tawar,” tuturnya.

(Daji)