Khatam Alquran MDTA Darul Amal, Langkah Nyata Tingkatkan SDM

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Perayaan khatam Alquran ke-14 MDTA Darul Amal berlangsung meriah pada hari ini, dengan pembukaan resmi oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Hamdi, Plh Asisten 2 Kabupaten Agam, di Jorong Sungai Janiah, Kanagarian Tabek Panjang pada Minggu (30/6).

Walinagari Tabek Panjang Kecamatan Baso, Donni Suhendri, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan khatam Alquran yang ke-14 dengan peserta sebanyak 12 orang.

“Acara dimulai dengan arak-arakan pada pagi hari, dilanjutkan dengan sesi mengaji dan pemberian hadiah bagi para peserta yang berprestasi,” ungkap Donni.

Dalam sambutannya, Bupati Agam menegaskan bahwa kegiatan khatam Alquran ini sejalan dengan Program Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendirian rumah tahfidz dan penyelenggaraan Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) yang telah dilaksanakan dua kali.

Baca Juga :  Semarak Halal Bihalal Suku Rang Caniago Lubuk Basung

“Hari ini adalah momen yang sangat istimewa, sebuah perayaan untuk memperingati selesainya sebuah tahapan membaca dan mempelajari Al Quran,” ujar Bupati.

Perayaan ini, lanjutnya, bukan hanya sekadar merayakan sebuah pencapaian, tetapi juga sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Alquran.

“Selain itu, perayaan khatam Alquran merupakan sebuah ajang untuk memperkuat silaturrahmi antara sesama muslim, keluarga, mamak kemenakan, dan perantau,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Agam sangat mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini sebagai suatu bentuk kearifan lokal yang harus dipertahankan. Kegiatan ini juga dianggap sebagai salah satu bentuk kegiatan yang menunjang program strategis dalam mewujudkan ABS SBK (Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah).

Baca Juga :  Sepak Bola Pespa Cup, Matur FC Juara

Bupati juga berpesan agar perayaan khatam Alquran ini menjadi momen yang tepat untuk meneladani akhlak dan akidah yang terkandung dalam Alquran.

“Jangan berhenti sampai di sini. Kami harapkan agar terus membaca dan mempelajari Alquran,” pesan Bupati.

Ia juga mengajak untuk menjadikan perayaan khatam Alquran ini sebagai momen untuk terus membaca dan mempelajari Alquran.

“Mari kita jaga dan lestarikan Alquran sebagai sumber terbaik bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat,” lanjutnya.

Ucapan selamat dan terima kasih juga disampaikan kepada anak-anak yang berkhatam, para pengajar, serta orang tua/wali murid yang telah berjuang menjaga kelestarian Alquran bagi generasi mendatang.

Selain itu, diumumkan juga bahwa MTQ ke-41 akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Juli 2024, sebagai salah satu upaya pemerintah untuk terus mendorong kecintaan masyarakat terhadap Alquran dan meningkatkan kualitas bacaan serta pemahaman mereka.

Baca Juga :  Bupati Agam Sambut Kedatangan Ketua DPRD Kota Depok dan Rombongan

Daji

spot_img
spot_img

Latest

spot_img