KSB Nagari Panampuang Kumpulkan Dana Dan Rehabilitasi Rumah Warga Akibat Bencana Banjir

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Bencana banjir lahar dingin di beberapa Nagari termasuk Nagari Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek masih menyisakan trauma dan pilu bagi warganya.

Trauma dan kesedihan tersebut terjadi adanya rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat serta area pertanian yang tertimbun material banjir seperti yang disampaikan walinagari Panampuang Etriwarmon Rabu, (4/7).

Di masa tanggap darurat ulas Walinagari warga serentak mengumpulkan donasi untuk membantu di lapangan tidak ketinggalan KSB Nagari Panampuang yang selama sepuluh hari turut serta membantu pembersihan di beberapa lokasi bencana katanya.

Disamping itu, KSB Nagari Panampuang juga berhasil mengumpulkan donasi lebih kurang 20 juta termasuk dari hasil “badoncek” pada acara halal bil halal para perantau Panampuang di Jakarta.

Baca Juga :  Dua Murid SDN 14 Pincuran VII Kecamatan Ampek Angkek Dapat Hadiah Khusus Dari Bupati Agam

“Donasi yang terkumpul tersebut diserahkan langsung kepada kami tanggal 2 Juni 2024 di Jakarta” Ulasnya.

Selanjutnya ujar walinagari KSB Nagari Panampuang bersama nagari sepakat dana tersebut digunakan untuk membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan, baik rusak ringan, sedang, maupun rusak berat.

“Tahap pertama dilakukan perbaikan rumah warga yang mengalami rusak ringan, salah satunya rumah Syukriah di Jorong Panca Batu Taba setelah dilakukan verifikasi oleh perwakilan KSB didampingi Wali Nagari Panampuang dan Batu Taba serta Camat Ampek Angkek pada tanggal 19 Juni di tiga lokasi.” Jelas Etriwarmon

Setelah dilakukan verifikasi lapangan, pada 25 Juni dimulai pekerjaan dan sampai saat ini anggota KSB sudah 3 kali turun melakukan pekerjaan di lapangan secara swadaya dengan hasil sudah 80% selanjutnya akan dilanjutkan dengan finishing tambahnya.

Baca Juga :  Disdikbud Agam Gelar Seminar Kajian Koleksi Museum Kelahiran Buya Hamka

“Pekerjaan selanjutnya KSB juga akan memulai pembangunan rumah warga yang rusak berat berdasarkan hasil verifikasi” tutup Walinagari.

Daji

spot_img
spot_img

Latest

spot_img