MTQ Nasional XLI Kabupaten Agam Dibuka, 810 Kafilah Ikut Memeriahkan

More articles

spot_img

Agam Investigasi.news – Pembukaan MTQ Nasional XLI Tingkat Kabupaten Agam berlangsung semarak pada Selasa (2/7) di lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif Koto Jorong Koto Laweh, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Acara ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansyarullah, dengan pemukulan tambua sebagai tanda dimulainya acara.

Pemukulan tambua dilakukan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah, didampingi Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman MM, Kakanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, Ketua LPTQ Agam, Edi Busti, Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, dan Camat Tilatang Kamang, Novrialdi Ismail selaku ketua panitia.

MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an di kalangan generasi muda, sejalan dengan program unggulan Kabupaten Agam dalam pengembangan rumah Tahfidz. Acara ini juga menjadi ajang evaluasi proses pembelajaran Tahfidz di Agam.

Baca Juga :  Pemuda Korong Tarok Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Kabupaten Agam

Dalam sambutannya, Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM, menekankan pentingnya mendekatkan generasi muda kepada Al-Qur’an di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. “Mari terus giatkan dan kembangkan rumah Tahfidz serta pembelajaran Tahfidz di lembaga pendidikan seperti SD dan SMP. Sehingga melalui pembelajaran Tahfidz akan lahir calon Qori/Qoriah terbaik yang diharapkan menjadi generasi penghafal Al-Qur’an,” ajaknya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Agam, Edi Busti, melaporkan bahwa MTQN ke-41 ini diikuti oleh 810 kafilah dari seluruh kecamatan di Kabupaten Agam. Mereka berkompetisi dalam 13 cabang dengan 37 golongan lomba.

Berikut rincian peserta dari setiap kecamatan: Tanjung Mutiara (28 orang), Lubuk Basung (52 orang), Ampek Nagari (36 orang), Matur (73 orang), Palembayan (32 orang), Tanjung Raya (36 orang), Tilatang Kamang (62 orang), Kamang Magek (56 orang), Palupuh (50 orang), Ampek Angkek (61 orang), Canduang (69 orang), Baso (63 orang), Banuhampu (66 orang), Sungai Pua (48 orang), IV Koto (42 orang), dan Malalak (36 orang).

Baca Juga :  PWI Agam Akan Adakan Pelatihan Dasar Jurnalistik Bagi Pelajar

Daji

spot_img
spot_img

Latest

spot_img