AGAM  

Nagari Koto Rantang Palupuah Gelar Diskusi Adat Minngkabau

Agam, Investigasi.news – Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, melakukan kegiatan diskusi adat Minangkabau, kegiatan yang dipusatkan di Aula Utama Kantor Nagari Koto Rantang tersebut berjalan sukses, pada Kamis, 24 November 2022.

Novri Agus Parta Wijaya, S, Pd, wali nagari koto rantang menjelaskan bahwa, diskusi adat Minangkabau yang diselenggarakan ini, dalam rangka penguatan nilai-nilai adat tentang gelar sako dan harta pusako, dengan menghadirkan narasumber diantaranya, Doktorandus, Januarisdi M, Lis, dari Dinas Kebudayaan Sumatera Barat,
Profesor, Yulizal Yunus Datuak Rajo, Bakor KAN Sumatera Barat, Doktor, Hasanuddin, datuak, Tan Patiah, dari Yayasan Sako, FIB Unand, serta Doktor, C n d, Efrizon, S E, S H, M M, Datuak, Inaro, Kata Wali nagari.

Novri Agus Parta Wijaya menambahkan bahwa, diskusi adat Minangkabau ini digelar untuk berbagi dan menyamakan pemahaman tentang penguatan nilai nilai adat, tentang gelar sako dan harato pusako, serta Kegiatan ini digelar bukan untuk mengajari niniak mamak kami, akan tetapi hal ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan wadah untuk belajar bersama, katanya.

Sementara, S Y, Datuak Batuduang Dilanggik, Ketua KAN Koto Rantang, mengatakan bahwa diskusi adat Minangkabau yang digelar di Koto Rantang ini, sangat berguna bagi Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, maupun lapisan masyarakat lainnya.

diskusi adat Minangkabau tentang gelar sako dan harta pusako ini, sangat penting dibahas, semenjak kita tau, adat telah lebih dulu hadir di tengah tengah masyarakat Minangkabau, maka dari itu diskusi ini, sirasa sangat perlu untuk pegangan, serta acuan saat mengambil dan memutuskan sebuah kebijakan di nagari maupun di tengah tengah masyarakat, tutupnya.

Camat Palupuh, dalam hal ini diwakili oleh Rabain, S, Sos, Kasi Pelayanan, Kantor Camat Palupuh, sangat mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan ini sangat berguna, di tengah tengah masyarakat, supaya kita lebih paham dan memiliki kesatuan pemikiran, kami atas nama pemerintah kecamatan mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini kepada peserta, semoga hal ini bermanfaat.
Serta, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, kepada Novri Agus Parta Wijaya, S. Pd, Wali Nagari Koto Rantang, beserta jajarannya, ketua beserta pengurus KAN, serta Narasumber yang mana telah berkenan membekali masyarakatnya, tutupnya.

Daji / Ary Plp