Pengguna Jalan Hati-hati, Lalu Lintas di Palupuh Terancam Longsor

Agam, Investigasi.news – Jalan lintas Bukittinggi – Medan, yang terletak di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, terkenal akan kondisi jalan yang banyak tikungan serta banyak jurang dalam di pinggir jalannya. Tak hanya itu, jalan lintas ini juga terkenal akan rawan longsor.

Seperti halnya pada rabu, 26 oktober 2022. Hujan turun semenjak sore sampai malamnya, sehingga mengakibatkan pada hari Kamis, 27 Oktober 2022, sekitaran Pukul nol-nol lewat 30 Waktu indonesia barat, telah terjadi Tanah Longsor dan Pohon Tumbang yg menimbun Badan Jalan Lintas Bukittinggi – Medan tersebut sebanyak 3 titik”, terang Serda, Zul Ahmedi, anggota Koramil 12 Palupuh di lokasi.

3 titik Longsor yang terjadi, diantaranya di kilo meter 26 Jorong Palimbatan, Nagari Pasia Laweh, diperkirakan panjang material longsor lebih kurang sepanjang 5 meter. Yang mana menutupi setengah badan jalan.

Selanjutnya di Kilo meter 34 Jorong Kurankuran, Nagari Nan Limo, di lokasi ini terjadi pohon tumbang, yang mana telah menimpa badan jalan, selanjutnya di Kilometer 38, Jorong Sungai Baluka, Nagari Nan Limo. Di lokasi ini material longsor menutupi badan Jalan Lintas Bukittinggi – Medan sepanjang lebih kurang 15 Meter. Dengan ketebalan material longsor lebih kurang 2 meter yang mengakibatkan Arus Lalu Lintas Bukittinggi – Medan Putus Total, tukasnya.

Sementara, untuk Korban Jiwa, alhamdulillah Nihil.

Untuk material longsor di Kilo meter 26 Jorong Palimbatan, Nagari Pasia Laweh sudah dibersihkan menggunakan Beko Loader dinas pekerja Umum, sementara untuk Pohon tumbang di Jorong Kurankuran, telah dibersihkan oleh warga sekitar bersama jajaran Koramil 12 Palupuh, jajaran Kapolsek Palupuh, staf kecamatan, staf nagari serta walijorong.

Sementara di kilo meter 38, jorong sungai baluka, nagari nan limo pembersihan material longsor sedang dilakukan menggunakan Alat Beko Loader dinas pekerja umum, tutup zul ahmedi.

Sampai berita ini diturunkan, kamis, 27 oktober 2022, pukul 4 lewat, 20 menit, kegiatan pengerjaan pembuangan material longsor masih berlangsung, dan lalu lintas telah dapat dilalui dengan sistim buka tutup.

Daji/ Ary Plp