Perayaan Festival 1 Muharam 1445 H di Agam Meriah

More articles

Tanjung Mutiara, investigasi.news – Bupati Agam Dr H Andri Warman MM, hadiri Semarak Festival 1 Muharam 1445 H, dan menutup secara resmi MTQ tingkat Nagari Tiku V Jorong, di Lapangan Bola SDN 31 Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Rabu (19/7).

Kegiatan ini dimeriahkan oleh arak-arakan ratusan jamba yang dibawa oleh masyarakat.

Pantauan AMC, terlihat ratusan masyarakat arak- arakan ke lokasi acara sembari menjujuang jamba.

Usai memasuki lokasi acara, jamba ini disusun dan diatur sedemikian rupa, bukan hanya jamba saja, namun berbagai masakan asli daerah setempat dengan bahan dasar lokan juga disusun dan diatur sehingga membentuk formasi dan terlihat membentuk angka 1445 H.

Baca Juga :  Ketua Dprd Agam Dr Novi Irwan, S.Pd. M.M Hadiri Pelantikan Dan Pengucapan Sumpah Pejabat Administrator dan Pengawasan

Wali Nagari Tiku V Jorong, Mardios mengatakan, ada sebanyak 296 jamba dan 1445 porsi masakan lokan yang disajikan dalam rangka menyambut tahun haru hijriah.

“Kegiatan ini merupakan yang partama digelar pasca Covid -19, dan akan menjadikan agenda tahunan di Nagari Tiku V Jorong,” ujarnya.

Dikatakan, dalam rangakaian festival ini, ada beberapa kegiatan dan perlombaan yang digelar, diantaranya MTQ yang memperlombakan beberapa cabang masing-masing cabang khutbah, imam salat Jumat, adzan, penyelenggaraan jenazah, hafidz, tartil dasar, tartil menengah, tartil umum, kaligrafi, kultum, dan tilawah.

Selain itu, juga digelar lomba tambua tansa, tari pasambahan, fasion show baju kurunag basiba, dan perlombaan lainnya.

“Alhamdulillah, sejak awal hingga akhir, semua kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Baca Juga :  PT Bukit Asam Peduli Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Bandang Lahar di Agam

Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM berikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada masyarakat dan Wali Nagari Tiku V Jorong, yang telah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memyambut tahun baru Hijriah.

Menurutnya, ini merupakan kegiatan dan acara yang luar biasa, dan bisa menjadi contoh bagi nagari-nagari lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Andri Warman berjanji akan memberikan hadiah kepada setiap juara di masing- masing cabang dan perlombaan yang digelar, serta mengajak masyarakat untuk pergi jalan-jalan.

“Semoga hadiah ini nantinya bisa menjadi motivasi khususnya bagi anak-anak yang mengikuti perlombaan untuk dapat lebih semangat lagi dalam belajar dan mendalami ilmu di bidangnya masing-masing,” harapnya. Amc/Daji

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest