RSUD Lubuk Basung Terus Berbenah

Agam, Investigasi.news – RSUD Lubuk Basung yang merupakan Rumah Sakit kebanggaan warga Agam wilayah Barat terus lakukan pembenahan.

Hal pembenahan itu terlihat bertambah lengkapnya fasilitas utama dan pendukung pelayanan kesehatan yang terus diadakan dan dibangun oleh pihak manejemen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik seperti ketersediaan ruangan rawat inap, ruangan pemeriksaan penunjang dan poliklinik untuk pasien rawat jalan.

Poliklinik yang tersedia adalah poliklinik bedah umum, bedah ortopedi, penyakit dalam, kebidanan dan penyakit kandungan, poli saraf, THT- KL, poli anak, poli kulit dan kelamin, poli konservasi gigi, poli gigi umum, poli mata, psikiatri, paru dan poli umum

Disamping bertambah lengkapnya sarana dan prasarana tersebut juga telah dilakukan penambahan tenaga medis baik keberadaan Dokter umum,Dokter spesialis, dan tenaga kesehatan lainnya.

Selanjutnya, pada Bulan Agustus tahun 2023 ini, RSUD Lubuk Basung juga telah memperoleh penilaian survey kreditasi oleh Lembaga Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan tingkat kelulusan paripurna.

Baca Juga :  Bupati Agam Hadiri Wisuda di 3 Ponpes 

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSUD Lubuk Basung melalui Kabid Promosi,Kehumasan Penelitian Dan Pengembangan (Promhumlitbang) Rozi Anggraini via telpon, Minggu (15/10).

Seterusnya ia membeberkan bahwa untuk peningkatan status ini tentu tidak terlepas dari dukungan Pemkab Agam, OPD terkait serta partisipasi masyarakat dengan selalu disiplin dan patuh terhadap peraturan dan SOP pelayanan yang dibuat oleh pihak rumah sakit sesuai standar Kementerian Kesehatan.

“kita harapkan dukungan dari pasien dan keluarga pasien rawat inap agar selalu mematuhi tata tertib yang diberlakukan Rumah Sakit untuk mencegah penularan penyakit atau infeksi nasokomial terutama untuk ruang ICU (intensive Care Unit)” Harapnya.

” RSUD Lubuk Basung dalam memberikan pelayanan selalu mengedepankan prinsip pelayanan prima untuk semua, namun untuk keluarga pasien juga diharapkan pengertiannya agar datang/bezuk sesuai jadwal yang ditetapkan yaitu untuk siang dari jam 11.00 s.d 13.00 WIB sementara untuk jam bezuk sore jam 16.00 s.d 20.00 WIB, khusus untuk ICU dan HCU pengecualian karena pasien tidak boleh dikunjungi seperti rawat inap yang lain. Namun untuk kondisi-kondisi tertentu diberi izin dikunjungi secara bergantian sesuai jadwal jam bezuk tersebut, apabila dokter dan perawat yang merawat pasien menilai pasien di ruangan khusus tersebut kondisinya boleh menerima tamu/dibezuk”, terang Rozi dengan detail.

Baca Juga :  Wabup Irwan Fikri Hadiri HUT IDI ke-72 Cabang Agam

Lebih jauh Kabid Promhumlitbang itu juga menyampaikan untuk pasien rawat jalan agar disiplin dalam melakukan pendaftaran ke poli yang dituju dengan menggunakan Mobile JKN dan Mobile Pasien dan untuk kedepannya dalam era digitalisasi dan Rekam Medis Elektronik (RME) tidak lagi memakai pendaftaran manual maupun melalui WA.

“untuk saat ini, pasien rawat jalan yang telah melakukan pendaftaran melalui WA agar datang sesuai nomor antrian yang muncul pada balasan pada saat mendaftar WA karena bagi pasien BPJS, dokumen SEP sudah langsung dicetak. Pasien cukup menunggu dipoli yang dituju sesuai nomor antriannya dan tidak perlu lagi antrian di loket satelit prekam medis yang berada di poliklinik baru lantai I (dekat fisioterapy/rehabilitasi medik). Pengecualian untuk pasien poli mata dan rehabilitasi medik karena harus melakukan sidik jari (finger Print) sesuai ketentuan BPJS, pasien harus registrasi ke satelit rekam medis (mendaftar melalui WA). Bagi pasien yang mendaftar secara manual, langsung mendaftar dan registrasi di loket rekam medis (RM) yang berada di depan farmasi/apotik rumah sakit”, jelasnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Novi Irwan Hadiri Malam Resepsi Kenegaraan di Balairung

Sebagai keterangan terakhirnya Kabid promhumlitbang juga menyampaikan bentuk tanggungjawab rumah sakit kepada karyawan karyawati yang telah memberi pelayanan kepada pasien, diantaranya melakukan pemeriksaan Medical Check Up (MCU), pemberian vaksin hepatitis B dan kegiatan olahraga/senam setiap hari Sabtu pagi di halaman poliklinik baru RSUD Lubuk Basung agar seluruh karyawan selalu semangat dan semakin sehat.

“Untuk meningkatkan pemberian pelayanan kepada pasien para karyawan karyawati kita lakukan Medical Check Up secara berkala serta diberikan vaksin dan olahraga bersama setiap hari Sabtu”, tutup Rozi Anggraini.

Mc/Daji

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles

Iklan
Iklan