Masuknya Air Hujan Kedalam Mesjid Agung, Ini Penjelasan Pemkab Dharmasraya

More articles

spot_img

Dharmasraya, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan, penyebab air hujan masuk ke dalam Masjid Agung bukan karena kerusakan bangunan, melainkan adanya kelalaian perawatan rutin pada bagian atap saat Ramadhan lalu.

“Setelah diperiksa, ditemukan sampah sisa perawatan rutin atap yang tidak dibersihkan dengan baik oleh rekanan Nindya Karya, sehingga menyebabkan tersumbatnya saluran air dari atap gedung. Lipslang tersebut meluber ke mana-mana, termasuk ke dalam bangunan masjid,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dharmasraya Junaidi Yunus melalui Sekretaris Herdi Mulya Wibowo, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan tingginya curah hujan dan angin kencang pada Sabtu, (6/5) sore menyebabkan melubernya air ke dalam Masjid Agung Dharmasraya dan sempat mengganggu proses ibadah. Setelah mendapat informasi tersebut pihaknya langsung melakukan pemeriksaan mengapa hal itu dapat terjadi. Ia menyebutkan awalnya sempat mengaku heran mengapa baru kali ini air hujan dapat masuk ke dalam bangunan. Padahal pengerjaan atap bangunan merupakan salah satu bagian yang dikerjakan dari awal.

“Artinya sejak dibangun tahun 2018, sudah teruji dan hal serupa tidak akan terjadi,” tegasnya. Pemkab Dharmasraya memastikan pengerjaan bangunan Masjid Agung Dharmasraya sudah sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan. Bahkan, untuk atap masjid masih bergaransi selama lima tahun, yang apabila benar ada kerusakan masih menjadi tanggungjawab rekanan. Ia mengumumkan petugas sudah melakukan pembersihan saluran pembuangan air dari berbagai macam kotoran sampah yang menyumbat.

Pihaknya berharap tidak ada lagi kejadian serupa yang menyebabkan terganggunya proses ibadah di Masjid Agung. Ia menyatakan Pemkab Dharmasraya akan mengajukan komplain ke pihak penyedia agar kejadian serupa tidak terjadi lagi ke depan, karena hal itu merupakan komitmen dan tanggungjawab Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang dalam melakukan pengawasan. Ardi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img