MTQ Nasional ke XII Kabupaten Dharmasraya Ditutup, Sungai Rumbai Juara Umum

More articles

spot_img

Dharmasraya, investigasi.news– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, H. Adlisman menutup Musabaqoh Nasional Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XII tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2024 pada hari Jum’at, (28/06/24) di Kecamatan Sungai Rumbai.

Keluar sebagai juara umum dalam pelaksanaan MTQ kali ini Kecamatan Sungai Rumbai, seterusnya Kecamatan Sitiung di posisi kedua. Juara umum edisi sebelumnya Kecamatan Pulau Punjung harus puas di posisi ke tiga. Juru kunci MTQ ke XI, Kecamatan Asam Jujuhan berhasil melesat ke posisi ke empat. Sedangkan Padang Laweh tuan rumah edisi sebelumnya konsisten di lima besar.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan MTQ Nasional ke-XII, tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang telah berlangsung dari tanggal 25 Juni lalu.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2024

“Dapat saya jelaskan bahwa kegiatan MTQ yang telah kita laksanakan merupakan momentum dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an.

Sekda berharap setelah terselenggaranya MTQ ini, dapat menambah pengetahuan, wawasan serta meningkatnya penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an.

“Untuk itu, diperlukan perhatian yang penuh serta keterlibatan secara sungguh-sungguh dari seluruh lapisan masyarakat yang ada. Sehingga penyelenggaraan kegiatan MTQ akan memberikan dampak positif dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat,” kata Sekda.

Sekda juga berpesan kepada qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah dan semua peserta MTQ dari berbagai cabang lomba, yang telah meraih peringkat juara pada MTQ ke-12 ini, agat jangan berpuas diri, karena prestasi yang telah diraih memiliki konsekuensi untuk tetap berlatih dan berlatih. Sehingga mempunyai persiapan yang matang dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2025 yang akan datang.

Baca Juga :  Bupati Canangkan Vaksinasi Massal Penyakit Mulut dan Kuku

“Kepada qori, qoriah, hafiz, hafidzah dan para peserta lomba yang belum meraih prestasi jangan berkecil hati. Teruslah berlatih dan memacu diri untuk bisa mewujudkan prestasi pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten yang akan datang,” pesannya.

Kepada pemangku kepentingan seperti alim ulama, guru guru Al-Qur’an dan tokoh masyarakat serta pejabat pemerintah tingkat kecamatan dan nagari bisa melaksanakan MTQ mulai tingkat nagari dan kecamatan.

“Saya berharap para penghafal quran dan peserta lomba lainnya tidak kehilangan wadah dalam mengasah kemampuannya,” tegas Sekda.

Selain itu, Sekda menghimbau kepada seluruh peserta yang telah selesai mengikuti MTQ agar selalu memiliki niat yang ikhlas dalam meningkatkan syiar terhadap kitab suci Al-Qur’an.

Baca Juga :  Bupati Dharmasraya Dukung Penyuluh Pertanian Raih Lencana Dari Presiden Ri

“Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ nasional ke-12 tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2024 ini dapat menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tukasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakapolres Dharmasraya, Kompol Adri Nugroho Saputro, dan Wadanramil Pulau Punjung, Pelda Asrul Peni dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkab Dharmasraya. Mc

spot_img
spot_img

Latest

spot_img