Tingkatkan Kesejahteraan Desa, Wamen PDTT Harapkan Kontribusi Bumdes

Menteri PDTT dan Bupati Dharmasraya. (Ist)

Dharmasraya, investigasi.news-Untuk menopang perekonomian di tingkat desa. Menteri PDTT mendorong nagari di Kabupaten Dharmasraya untuk mengembangkan Bumdes.

Karena menilai keberadaan Badan Usahan Milik Desa (Bumdes) berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Budi Ari Setiadi juga menyampaikan bahwa, “Saya sampaikan ada lima dari program nasional yang harus diterjemahkan oleh para wali nagari (kepala desa adat), salah satunya adalah peningkatan perekonomian melalui Bumdes ini,” katanya. di Pulau Punjung, Kamis (8/12).

Dicontohkannya beberapa desa di pulau Jawa cukup berhasil dalam mengelola Bumdes, sehingga memberi penambahan dalam pendapatan asli desa (PAdes) atau dengan istilah lainnya.

“Desa-desa di pulau Jawa bahkan bisa menyumbang Pendapatan asli desa melalui Bumdes mencapai Rp2 miliar, saya yakin nagari di Dharmasraya juga muncul Bumdes yang membanggakan nantinya,” ulasnya lagi .

Kemudian, selain Bumdes program nasional yang juga harus diterjemahkan di tingkat nagari, antara lain program ketahanan pangan, menurunkan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, dan transpormasi digital dalam memberi pelayanan publik ke masyarakat.

Wamen bepesan kepada seluruh wali nagari yang baru dilantik agar menghilangkan segala perbedaan dan merangkul seluruh lapisan masyarakat pascapesta demokrasi Pilwana yang digelar berapa waktu lalu, kata dia.

Sementara, Bupati Dharmasrayac Sutan Riska Tuanku Kerajaan meminta seluruh wali nagari untuk memastikan pelayanan program dan kegiatan berjalan tepat sasaran, dan berkerjalah untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan nagari.

“Oleh karena itu saudara harus merajut kembali semangat kebersamaan dan keberagaman dalam persatuan di tengah-tengah masyarakat. Jaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar senantiasa dalam kondisi kondusif,” ujarnya.

Kehadiran Wemen PDDT di Dharmasraya dapat memberi motivasi kepada wali nagari yang baru dilantik dalam kelancaran pelaksanaan roda pemerintahan di tingkat nagari”, harap Sutan Riska. Rel / arp