Forikan Kabupaten Solok Dorong Kemajuan Sektor Perikanan dan Pangan

More articles

spot_img

Kab. Solok, investigasi.news- Dalam rangka mendorong kemajuan sektor perikanan dan pangan di Kabupaten Solok, Ketua Umum Forum Istri Kepala Daerah (Forikan) Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda, SP., menggelar temu ramah dengan Kelompok Perikanan se-Kabupaten Solok di Balai Benih Ikan Sungai Janiah, Kamis (13/6/2024).

Dalam sambutannya, Hj. Emiko menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap dapat menjadi wadah untuk bertukar ide dan gagasan dalam membangun sektor perikanan dan pangan di Kabupaten Solok.

“Saya melihat potensi perikanan di Kabupaten Solok sangat besar, dengan banyaknya danau, sungai, dan lubuak larangan. Oleh karena itu, saya harap Forikan dan Dinas Perikanan Pangan dapat bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memajukan sektor ini,” ujar Hj. Emiko.

Baca Juga :  Sekda Medison Pimpin Apel Gabungan Perdana Tahun 2024

Beliau juga menekankan pentingnya peran Forikan dalam mendukung program pemerintah, khususnya dalam meningkatkan gizi masyarakat melalui Gerakan Makan Ikan.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan Pangan Kabupaten Solok, Ir. Syoufitri, MM., menyampaikan laporan terkait tugas dan fungsi Balai Benih Ikan Sungai Janiah, serta peran Dinas Perikanan Pangan dalam penurunan angka stunting melalui Gerakan Makan Ikan.

Syoufitri juga menyampaikan bahwa Dinas Perikanan Pangan siap membantu kelompok-kelompok perikanan dan pangan dalam berbagai hal, seperti penyediaan bibit ikan, pelatihan, dan pemasaran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama kelompok perikanan dan pangan. Dalam dialog tersebut, beberapa kelompok menyampaikan aspirasinya, seperti bantuan bibit ikan, pembangunan infrastruktur, dan pelatihan.

Baca Juga :  Nagari Air Dingin Solok Diterjang Banjir

Menanggapi aspirasi tersebut, Hj. Emiko dan Syoufitri menyampaikan bahwa mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu kelompok-kelompok perikanan dan pangan.

Temu ramah ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi kemajuan sektor perikanan dan pangan di Kabupaten Solok. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan sektor ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok.

Dinas Perikanan Pangan telah menyediakan bibit ikan dan induk ikan unggul di Balai Benih Ikan untuk dibagikan kepada kelompok-kelompok perikanan.

Forikan dan Dinas Perikanan Pangan akan membantu memasarkan produk olahan ikan dari kelompok-kelompok perikanan.

Dalam waktu dekat, Dinas Perikanan Pangan akan membangun huller untuk membantu kelompok-kelompok perikanan dalam mengolah padi.

Baca Juga :  Sekretaris DPRD Zaitul Ikhlas Pimpin Apel Pagi Gabungan Dilingkup Pemkab Solok

Temu ramah Forikan Kabupaten Solok dengan Kelompok Perikanan se-Kabupaten Solok merupakan langkah positif dalam mendorong kemajuan sektor perikanan dan pangan di daerah tersebut. Dengan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan sektor ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Solok.

Turut Hadir jajaran Forikan Kabupaten Solok, Kepala OPD, Camat Gunung Talang, Walinagari se-Kecamatan Gunung Talang, serta perwakilan Kelompok Budidaya Ikan dan Pangan se-Kabupaten Solok. Admin

spot_img
spot_img

Latest

spot_img