Kabupaten Solok Peringati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila 2024

More articles

spot_img

Kab. Solok. Investigasi.news –Pemerintah Kabupaten Solok gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional dan hari Lahir Pancasila Tahun 2024 bertempat di lapangan upacara halaman Kantor Bupati Solok di Arosuka, (03/06).

Bertindak sebagai inspektur upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison, S.Sos, M.Si, Upacara Hari Kebangkitan Nasional dan hari Lahir Pancasila Tahun 2024 kali ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 yang dimaksudkan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam Amanat yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Solok dimana Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pernain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua. Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Baca Juga :  Pemkab Solok Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2023

“Dalam momentum ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan Nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia”.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa” tambah Medison.

Terakhir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok dalam pidatonya menyampaikan mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Baca Juga :  Pimpin Apel Pagi Dilingkup Pemkab Solok, Editiawarman Sampaikan Ini

Upacara Hari Kebangkitan Nasional dan hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Solok, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara ( PNS dan Non PNS) dan undangan lainnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Solok Donly Wance Lubis, S.STP menyampaikan bahwa Upacara Hari Kebangkitan Nasional dan hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini sangat penting untuk dilaksanakan. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan landasan utama dalam mempersatukan beragam suku, agama, ras, dan golongan.

“Dalam konteks peringatan Hari Lahir Pancasila, upacara tersebut menjadi momentum yang tepat untuk kembali mengenang arti dan makna dari lima sila Pancasila. Melalui upacara ini, diharapkan masyarakat dan kita semua untuk dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” Tutup Wance. Admin

Baca Juga :  Selesaikan Masalah, Manajemen PT. Tirta Investama Aqua Group Kembali Temui Bupati

spot_img
spot_img

Latest

spot_img