Menuju Re-Akreditasi, UPT Puskesmas Alahan Panjang Terus Perbaiki Kualitas Pelayanan

Kab. Solok, investigasi.news-Menuju Re-Akreditasi, unit pelayanan teknis (UPT) Puskesmas Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti terus memperbaiki kualitas pelayanan Hal ini terlihat jelas dalam Re-Akreditasi yang dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 16-18 Oktober 2023 di Puskesmas setempat.

Kegiatan penilaian ini dibuka secara langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Adriani. Dalam hal itu Tim Surveyor Re-Akreditasi UPT Puskesmas Alahan Panjang melakukan pemeriksaan Dokumen (Telusur Dokumen) dan Pemeriksaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat ke beberapa jorong di Nagari Alahan Panjang.

Beberapa Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang di Bina Langsung Oleh Puskesmas Alahan Panjang diantaranya pemanfaatan sampah dari buah-buahan yang dikelola menjadi pupuk eco enzim sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang bertani dan bagi kebutuhan rumah tangga bisa di berdayakan sebagai pembersih lantai dan sabun pencuci piring.

Baca Juga :  Kopi Solok Rajo Hadir di BIM, Bupati Support Produk UMKM Asli Daerah

selanjutnya ada program Ikan Larangan, dengan cara menyebarkan Ikan di sepanjang sungai demi mendukung perilaku hidup bersih dan sehat karena melalui program ini masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Yang ketiga adalah menyediakan Pos Khusus Merokok, melalui inovasi ini disediakan pos khusus bagi masyarakat yang ingin merokok sehingga dapat mengurangi kemungkinan terpapar asap rokok bagi keluarga di rumah.

Pada hari kedua kegiatan disambut baik oleh antusiasme masyarakat dan para Walinagari serta segenap unsur tokoh masyarakat turut ikut serta berkumpul memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Re-Akreditasi ini.

Walinagari air dingin Wandi yang menghadiri kegiatan tersebut ikut menyampaikan harapan Puskesmas Alahan Panjang mendapatan Penilaian yang terbaik karena telah memberikan fasilitas pelayanan yang mumpuni dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Terkait Video CCTV Yang Viral, Bupati Epyardi Asda Adakan Pertemuan

Pada hari ketiga Tim Surveyor Re-Akreditasi lakukan wawancara lintas sektoral bersama dengan Camat Lembah Gumanti dan segenap instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini Camat Lembah Gumanti Zulbakti menyampaikan meskipun Puskesmas Alahan Panjang mencangkup wilayah yang luas, namun masih dapat meng-cover dengan baik dan tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Terkait kegiatan yang dilaksanakan baik oleh Puskesmas maupun kegiatan di masyarakat dan pemerintah kita selalu bersinergi dan bekerjasama mensukseskan seluruh program kegiatan” Ujarnya

Dalam wawancaranya Kepala Puskesmas Alahan Panjang Detrisnalianora menyampaikan bahwa tahun Sebelumnya Puskesmas Alahan Panjang telah mendapatkan Akreditasi Utama, melalui standar pelayanan kesehatan yang telah ditingkatkan ia berharap Puskesmas Alahan Panjang tahun ini dapat diparipurnakan.

Baca Juga :  Pemkab Solok Ikuti Rakornis TMMD/N Ke-118 TA 2023

“Alhamdulillah selama kepemimpinan kita disini seluruh program yang mencakup standar pelayanan minimal kita selalu mendapatkan juara di tingkat Kabupaten” tegasnya.

Menutup Kegiatan Ketua Tim Surveyor Re-Akreditasi Nizadi Azkha menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Puskesmas Alahan Panjang atas usaha dalam meningkatkan Standar Pelayanan Kesehatan.

“Kami yakin peningkatan mutu yang berkelanjutan akan terus diupayakan di Puskesmas Alahan Panjang ini” tegasnya. (Admin)

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles

Iklan
Iklan