Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Gelar Bintek Pramuka Saka Kalpataru di Bukittinggi

Bukittinggi, investigasi.news – Dinas Lingkungan Hidup propinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Pramuka Saka Kalpataru di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi. Kegiatan yang diikuti 55 pramuka Saka Kalpataru Kota Bukittinggi dan Kota Sawahlunto itu digelar Jumat (11/11/2022).

Pamong Saka Kalpataru Sumbar yang juga Kepala UPT Sampah Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Desrizal menyatakan pelaksanaan kegiatan ini guna lebih mendalami dan menambah wawasan melaksanakan krida – krida dalam Saka Kalpataru

“ bersama kwarda Sumbar Dinas LH Sumbar yang didukung Kwarcab serta Dinas LH kota dan kabupaten agar Saka Kalpataru diupayakan hadir sebagai wadah pembinaan generasimuda yang peduli kebersihan dan lingkungan hidup” harap Desrizal.

Pada kegiatan itu Wakil Ketua Kwarda 03 Sumbar Bidang Saka, Sako dan Gugus Darma drg. Afando Ekardo dan Rahmawati menyampaikan materi lebih dekat dengan saka kalpataru yang mengajak para anggota Saka kalpataru lebih mengimplementasikan krida – krida yang ada.

“ baik Krida 3R yakni Reduce, Reuse, Recycle, Krida Perubahan Iklim, dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati harus diimplementasikan dilingkungan masing-masing. Mulailah dari diri sendiri, disatuan atau sekolah maupun ditengah – tengah masyarakat” kata Rahmawati.

Dikesempatan itu, dr Afando Ekardo sangat apresiasi kepada Kwarcab Kota sawahlunto dan Kota Bukittinggi yang sangat aktif dalam pembinaan Saka Kalpataru, bahkan saat Perkemahan antar saka (Paransaka) Nasional di Bangka Belitung dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan sebagian besar berasal dari saka kalpataru.

“ harap kita semua Saka yang ada di kwarcab kota dan kabupaten selalu aktif dan berkonstribusi dalam kegiatan serta aktif dalam pembinaan dengan aksi sosialnya karena ini bekal bagi generasi muda yang berkarakter dan tangguh kedepan” harapnya.

Usai mengikuti kegiatan itu, anggota Saka kalpataru Kota Bukittinggi dan Kota sawahlunto terlibat latihan bersama dibimbing pamong saka kedua daerah dan disepakati kegiatan ini akan rutin digelar kedepan. (T.Ab)