Diskominfo Kota Pariaman Hadiri Smart City Forum 2024 di Bali

More articles

spot_img

Bali, investigasi.news – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman turut serta dalam Forum Smart City Nasional 2024 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Acara ini berlangsung di Bali Beach Hotel, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Selasa (25/6/2024).

Forum Smart City 2024 ini diadakan dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2024, dengan tema “Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Menuju Indonesia Emas Melalui Pembangunan Kota dan Kabupaten Cerdas 2024”.

Sekretaris Diskominfo Kota Pariaman, Riky Falantino, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda tahunan Kemenkominfo untuk mengevaluasi Gerakan 100 Smart City di Indonesia. Kota Pariaman termasuk salah satu kota yang telah menerapkan konsep smart city.

Baca Juga :  Pemko Pariaman Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6 Sampai 11

Riky menambahkan, evaluasi ini mencakup penilaian oleh asesor yang terdiri dari akademisi, praktisi, dan perwakilan Kemenkominfo RI. Kota Pariaman juga telah mempresentasikan program-program smart city yang mencakup enam dimensi.

Dalam evaluasi ini, Riky mengungkapkan bahwa pihaknya berencana mengirimkan ASN atau Tenaga Non-ASN di Dinas Kominfo untuk mengikuti diklat/pelatihan yang difasilitasi oleh Kemenkominfo RI.

Ia menyambut baik tawaran dari tim Kemenkominfo terkait peningkatan SDM dalam mengelola program smart city.

“Kami berharap dengan adanya SDM yang mengikuti diklat/pelatihan ini, kami dapat mengatasi kendala teknis dalam pengelolaan smart city di daerah,” ujarnya.

Selama ini, program smart city di Kota Pariaman telah mencakup smart governance, smart living, smart branding, smart society, smart environment, dan smart economy.

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota dan DPRD Kota Pariaman Sepakati Lima Ranperda Menjadi Perda

Afr

spot_img
spot_img

Latest

spot_img