Gubernur Sumbar dan Kemenparekraf Apresiasi Suksesnya Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024, Tarik Puluhan Ribu Pengunjung

More articles

Kota Pariaman, investigasi.news – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Oni Yulfian, mengapresiasi Pemerintah Kota Pariaman atas penyelenggaraan Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024. Acara ini sukses menarik puluhan ribu pengunjung dan meningkatkan perekonomian kota.

Puncak acara Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024 ini menampilkan perbedaan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Pemko Pariaman menunjuk Anak Nagari sebagai Ketua Pelaksana, dan untuk pertama kalinya, Duo Tabuik Pasa dan Subarang yang biasanya berada di luar pagar kini berada di dalam area acara, menciptakan suasana yang lebih inklusif dan meriah.

“Pesona Hoyak Tabuik Pariaman ini sudah terdaftar dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Kemenparekraf RI. Dengan terdaftarnya acara ini, diharapkan Tabuik Piaman dapat meningkatkan perekonomian daerah dan memberikan multiplier effect yang positif kepada masyarakat,” ujar Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya di Pesona Budaya Hoyak Tabuik Pariaman 2024, Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Minggu (21/7/2024).

Baca Juga :  Genius Umar : Semangat “Sabiduak Sadayuang” Membangun Daerah

Mahyeldi juga memuji kolaborasi yang tercipta antara Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, Ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Mereka secara aktif, kompak, dan bersama-sama mensukseskan berbagai acara pariwisata, termasuk Tabuik Pariaman yang kini dikelola oleh Anak Nagari.

“Menparekraf sering berkunjung ke Sumatera Barat, menunjukkan bahwa event pariwisata seperti Tabuik Piaman menjadi andalan untuk menarik kunjungan wisata ke Indonesia, khususnya Sumbar. Hal ini menandakan bahwa kita di Sumbar serius dalam menjadikan event ini sebagai daya tarik utama wisatawan,” ujarnya.

Gubernur juga berharap agar Puncak Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024 terus menjadi magnet wisata di Sumatera Barat dan khususnya di Kota Pariaman. Ia menekankan pentingnya menjaga dan merawat budaya khas yang hanya ada di Pariaman.

Baca Juga :  Pemko Pariaman Apresiasi DPRD atas Pengesahan KUA & PPAS APBD 2025

“Dengan puncak Tabuik yang kita laksanakan hari ini, membuktikan bahwa Anak Nagari Pariaman mampu melaksanakan event yang telah menjadi event nasional. Kita akan berupaya menjadikan event Tabuik ini mendunia,” tutup Mahyeldi.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI, Oni Yulfian, menyatakan bahwa Tabuik Pariaman telah menjadi salah satu dari 110 event unggulan KEN 2024 yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

“Apalagi setelah mengetahui bahwa Ketua Pelaksana Tabuik ini adalah Anak Nagari dan dikelola secara kolaboratif dengan instansi dan pemangku kepentingan terkait. Ini memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dalam rangkaian Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024,” tambah Oni.

Baca Juga :  Kota Pariaman Raih Penghargaan Kinerja Terbaik II dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Oni Yulfian, mantan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman atas sinergi yang telah terjalin selama ini. Dukungan dari Kemenparekraf RI memungkinkan event-event yang dilaksanakan mendapatkan support yang maksimal.

“Kemenparekraf menargetkan tingkat kunjungan wisatawan nusantara sebesar 1,2 hingga 1,5 miliar kunjungan, dan 9,5 hingga 14,3 juta wisatawan mancanegara. Event Tabuik Pariaman ini telah sukses menarik puluhan hingga ratusan ribu pengunjung,” ujarnya mengakhiri.

Afri

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest