Pariaman Galang Dubalang untuk Amankan Ramadan

More articles

spot_img

Pariaman, Investigasi.news – Dalam upaya memastikan keamanan dan kenyamanan warga selama bulan suci Ramadan, Pemerintah Kota Pariaman menggerakkan Dubalang, garda terdepan penjaga keamanan desa, untuk lebih aktif. Keputusan ini diambil mengingat sumber daya keamanan yang terbatas, terutama dalam mengawasi seluruh masjid dan musala saat pelaksanaan salat tarawih pada 26 Maret 2024.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Alfian, menekankan peran penting Dubalang yang telah menjadi bagian dari sistem keamanan sosial masyarakat Minangkabau. “Dubalang tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga melestarikan nilai-nilai budaya kita,” ungkap Alfian, seraya menambahkan bahwa keberadaan Dubalang di setiap dusun telah memudahkan penjagaan.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi selama Ramadan adalah kegiatan anak-anak yang bermain petasan, yang tidak hanya mengganggu kenyamanan ibadah tapi juga berpotensi menyebabkan kebakaran. Pemerintah Kota Pariaman telah mengambil langkah proaktif dengan memonitor penjualan petasan, dan siap mengambil tindakan persuasif hingga penerapan sanksi bagi pelanggar.

Dengan dukungan 275 Dubalang yang tersebar di seluruh kota, Alfian yakin bahwa Ramadan tahun ini akan berlangsung dengan lancar dan aman. “Kami berharap dengan pemberdayaan Dubalang, kita dapat minimalkan masalah keamanan di tingkat desa dan kelurahan,” kata Alfian.

Selain itu, Alfian menegaskan bahwa kompensasi untuk Dubalang telah disiapkan oleh pemerintah desa, yang menandakan komitmen kuat dalam menjaga keamanan dan ketenteraman selama bulan suci.

Dengan langkah ini, Pemerintah Kota Pariaman berharap dapat memberikan rasa aman bagi warganya untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan tenang dan khusyuk, sekaligus mempertahankan tradisi dan nilai-nilai budaya yang telah lama dijaga oleh masyarakat Minangkabau.

**Afri

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img