Persiapan Menyambut Idul Adha: Dinas PPP Kota Pariaman Gelar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

More articles

spot_img

Kota Pariaman, Investigasi.news – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024/1445 H, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (PPP) mengintensifkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di seluruh Kota Pariaman.

“Saat ini, sebanyak 800 ekor sapi jantan telah disiapkan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Kami bersama tim medis dan paramedis telah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan hewan-hewan tersebut sehat dan layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H,” ujar Marini Jamal, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas PPP Kota Pariaman, saat diwawancarai Tim Media Center Kominfo Pariaman, Kamis (13/6/2024).

Pemeriksaan kesehatan ini telah dimulai sejak 27 Mei hingga 7 Juni 2024. “Cek kelayakan sudah berjalan, seluruh sapi diperiksa secara rutin untuk menghadapi Idul Adha. Kami selalu melakukan cek kesehatan bersama tim yang akan menentukan kelayakan hewan tersebut dengan menempel tag di telinga sapi,” jelas Marini.

Baca Juga :  TP PKK Kota Pariaman Berikan Bimtek Kepada Pokja Dan Sekretariat PKK

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik calon sapi kurban, penentuan umur ternak, serta sosialisasi kesehatan hewan. “Selain itu, kami juga memberikan vitamin kepada calon sapi kurban, memasang label kelayakan sembelih, dan memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk 800 ekor sapi jantan calon kurban,” tambahnya.

Marini juga menambahkan bahwa pada tahun 2024 belum ada laporan hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), sehingga hewan kurban yang telah diperiksa dipastikan layak untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

“Kami juga mengimbau kepada para peternak agar menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak, memperhatikan pakan yang cukup dan berkualitas, serta memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan,” tutupnya.

Baca Juga :  Bawaslu Rapat Bersama Sentra Gakkumdu

Afr

spot_img
spot_img

Latest

spot_img