Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data oleh Kominfo Kota Pariaman

More articles

spot_img

Kota Pariaman, Investigasi.news – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman menggelar acara sosialisasi yang sangat penting mengenai meta data dan pemetaan kebutuhan data, yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pariaman. Acara ini berlangsung pada Kamis, 20 Juni 2024, di Balairung rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Riky Falantino, dan turut dihadiri oleh Kepala BPS Kota Pariaman, Yuliandri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pariaman, Syukri, serta beberapa narasumber terkemuka seperti perwakilan BPS Provinsi Sumatera Barat dan Kabid Statistik Dinas Kominfo, Devi Hariandi.

Riky Falantino dalam sambutannya menegaskan bahwa data yang akurat memainkan peran krusial dalam pengambilan keputusan, baik dalam konteks pembangunan maupun pemerintahan. “Membangun tanpa data yang akurat jauh lebih mahal dibandingkan dengan membangun dengan data yang valid dan terpercaya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Nuzul Qur’an: Memperingati dan Membagikan Berkah di SDN 21 Jalan Kereta Api, Kota Pariaman

Dia juga menjelaskan bahwa kualitas perencanaan dan keberhasilan implementasi kebijakan pemerintah sangat bergantung pada ketersediaan data yang berkualitas. “Data yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi dasar yang penting untuk kebijakan pemerintah yang efektif dan tepat sasaran,” tambahnya.

Acara ini juga mengacu pada Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), yang mengatur tentang pentingnya tata kelola data yang terintegrasi untuk mendukung semua tahapan pembangunan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Afr

spot_img
spot_img

Latest

spot_img