Wako Pariaman Memantapkan Peran Bundo Kanduang dalam Acara Pelantikan di Kelurahan Lohong

More articles

spot_img

Kota Pariaman, investigasi.news – Pada sebuah acara yang penuh semangat, Pengurus Bundo Kanduang di Kelurahan Lohong, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, resmi dilantik. Pelantikan ini tidak hanya menjadi momen penghormatan bagi budaya Minangkabau, tetapi juga menandai komitmen untuk meneruskan warisan adat kepada generasi mendatang.

Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah. “Para Bundo Kanduang memiliki peran penting dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya, seperti budaya malu, sopan santun, dan etika kepada generasi penerus,” ujarnya saat acara diadakan di Café Tongkopi pada Sabtu siang.

Menurut Roberia, keberadaan Bundo Kanduang tidak hanya mempertahankan budaya Minangkabau tetapi juga memperkuat identitas orang Minang di mana pun mereka berada. “Saya berharap peran Bundo Kanduang dapat kembali menonjol dalam kehidupan masyarakat, membentuk generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki akhlak mulia, untuk melahirkan pemimpin yang berintegritas di masa depan,” tambahnya.

Baca Juga :  Catatan Bawaslu Pariaman Untuk KPU di Pemilu 2024 Kelalaian di Sejumlah TPS

Roberia menegaskan bahwa dalam falsafah Minangkabau “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, alam takambang jadi guru”, Bundo Kanduang memiliki peran strategis dalam melestarikan dan meneruskan nilai-nilai budaya. “Mereka diharapkan juga dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah sosial dalam lingkungan keluarga, sanak famili, serta masyarakat di kampung dan Nagari,” tutupnya.

Afri

spot_img
spot_img

Latest

spot_img