Wako Buka Lomba Cipta Menu Beragam

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news. Wako Zul Elfian Umar Buka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

SOLOKKOTA – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), di Balairung 99 Rumah Dinas Walikota Solok, Rabu (12/06/24). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pangan bekerjasama dengan TP- PKK yang diikuti oleh Pokja III TP-PKK kelurahan se-Kota Solok.

Turut hadir, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati, beserta OPD terkait lainnya.
Wako dalam sambutannya mengatakan, Pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Kebutuhan manusia akan pangan merupakan hal yang sangat mendasar, sebab konsumsi pangan adalah salah satu syarat utama penunjang kehidupan.

Baca Juga :  Dugaan Penodongan “Senpi” Ketua Demokrat Solok Berakhir Dengan Perdamaian

Keberhasilan dalam proses pembentukan sumberdaya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan. Perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.
Keragaman dan keseimbangan konsumsi pangan pada tingkat keluarga akan menentukan kualitas konsumsi pangan pada tingkat wilayah. Kualitas konsumsi pangan penduduk di tingkat wilayah dicerminkan dengan Skor Pola Pangan Harapan (PPH). Sedangkan ditingkat keluarga dan individu, untuk menentukan asupan makanan sesuai prinsip konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) menggunakan pendekatan panduan porsi makanan.

Baca Juga :  Wujudkan Kemenangan Capres 02 Prabowo-Gibran “Kawal Suara Milenial, RPGM Lantik MKD dan MKC Se Sumbar”

Untuk Kota Solok pencapaian Skor Pola Pangan Harapan (PPH) pada tahun 2023 sebesar 88,9 masih dibawah kondisi ideal yaitu sebesar 100. Hal ini disebabkan karena Pola konsumsi pangan masyarakat Kota Solok yang masih kurang beragam dimana konsumsi sayur, buah-buahan, umbi-umbian dan kacang-kacangan masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, disamping juga meningkatkan konsumsi pangan hewani terutama ikan.

Untuk itu perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat kearah pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman atau lebih dikenal dengan sebutan “Menu B2SA“. Upaya tersebut tidak mudah karena terkait dengan perilaku masyarakat sehingga perlu melibatkan pemangku kepentingan terkait.

Stunting dan tumbuh kembang anak saat ini sangat menjadi perhatian, hal ini sangat berkaitan erat dengan asupan makanan bergizi seimbang yang disediakan oleh orang tua untuk konsumsi di rumah ataupun bekal untuk dibawa anak ke sekolah.

Baca Juga :  Wako Resmikan RKB MDA Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok

Asupan makanan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) sesuai dengan kaidah isi piringku harus menjadi perhatian setiap orang tua agar anak dapat hidup sehat, aktif dan produktif.
Melalui lomba ini diharapkan Ibu-Ibu PKK dapat meningkatkan kreativitas dalam mengolah dan menyediakan bekal anak sekolah yang sehat, beragam, bergizi seimbang dan aman, sehingga tercipta generasi yang sehat dan cerdas.(Wahyu)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img