Wako Solok Hadiri Gala Dinner Rakernas XXVII di Balikpapan

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, bersama Ketua TP-PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian Umar, menghadiri gala dinner dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di halaman Balai Kota Balikpapan pada Senin malam (03/06/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XXVII Apeksi yang diselenggarakan di Kota Balikpapan pada tanggal 1-6 Juni 2024. Gala dinner tersebut dihadiri oleh para kepala daerah anggota Apeksi dari berbagai kota di Indonesia serta para pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan instansi terkait lainnya.

Diharapkan, melalui momentum Rakernas XXVII Apeksi ini, semangat kolaborasi dan sinergi antar kota di Indonesia dapat semakin diperkuat. Zul Elfian Umar optimis bahwa dengan kebersamaan dan kerja sama yang solid, Apeksi dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan Indonesia yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan. Tahun ini, Rakernas XXVII APEKSI mengangkat tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju.” Kegiatan tersebut dihadiri oleh 98 wali kota peserta APEKSI.

Baca Juga :  Tangis Maizurni Setelah Suaminya Menerima Kunci Rumah Dari Walikota Solok

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XXVII merupakan sejarah bagi Kota Balikpapan. “Untuk itu, saya mengucapkan selamat datang di Kota Balikpapan,” tuturnya. Rahmad Mas’ud menuturkan bahwa dengan bertambahnya usia APEKSI, banyak gagasan konstruktif yang telah lahir, membentuk gerbong lokomotif kemajuan bangsa di tengah-tengah perubahan zaman, serta mencermati isu terkini baik skala lokal dan global terkait perkotaan. “Semoga kegiatan Rakernas Apeksi XXVII ini mendatangkan manfaat bagi kita semua. Tentunya, seluruh kota memiliki masalah dan kultur budaya yang berbeda,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua APEKSI Eri Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap kota di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing. “Bayangkan jika kelebihan itu dijadikan satu kekuatan besar. Kota itu saling melengkapi, maka kita bisa memberikan yang terbaik dari APEKSI untuk Indonesia,” kata wali kota Surabaya itu.

Baca Juga :  Wawako Tinjau Pembangunan Gedung Pustaka Kota Solok

Lebih lanjut, Eri mengatakan bahwa dalam APEKSI tidak ada kota yang tertinggal maupun yang paling maju. Sebab, menurutnya, kota yang paling maju adalah yang bisa berintegrasi dengan kota lainnya. “Ketika kita bisa bersinergi antar kota, maka itulah kemajuan untuk negara tercinta Indonesia,” imbuhnya.

Selain penyambutan peserta APEKSI, gala dinner juga diisi dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, bersama Ketua APEKSI, Eri Cahyadi, dan Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam, dalam perayaan HUT ke-24 APEKSI. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan budaya dari berbagai etnis di Balikpapan, fashion show, serta teatrikal. (Wahyu)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img