Wawako Pimpin Apel Hari lingkungan Hidup 2024

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news. Wawako Pimpin Apel Hari Lingkungan Hidup dan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024
SOLOK KOTA – Wakil Walikota Solok,Dr.H.Ramadhani Kirana Putra Pimpin apel gabungan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024 bertempat di Taman Istiqlal Park.Jum’at (07/06/2024).

Wawako saat menyampaikan sambutan Walikota menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan.
Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan.Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

Baca Juga :  Wako Solok Hadiri Upacara Penyambutan Peserta Latsitardanus XLIII/2023

Pemulihan lingkungan merupakan kunci
dalam membalikkan arus degradasi lahan,dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim.
Selanjutnya wawako juga menyampaikan Pada hari ini kita bersama sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024.

“Bagi Kota Solok,bencana bukanlah menjadi isu yang utama, dikarenakan kondisi geografis Kota Solok lebih baik bila dibandingkan dengan daerah sekitarnya, namun ini bukan berarti Kota Solok merupakan daerah yang bebas dari
ancaman bencana”.sebutnya
“Potensi bencana yang dihadapi oleh Kota Solok adalah Gempa Bumi,Banjir,Tanah Longsor,dan Kebakaran.

Apalagi kota Solok dilintasi oleh Segmen aktif patahan Sumatera (Patahan Semangka) yakni segmen Sumani dan Segmen Suliti yang merupakan salah satu lempengan teraktif yang menyebabkannya menjadi daerah rawan terhadap Gempa sehingga cara/tindakan dalam menghadapi kebencanaan sangat diperlukan”.lanjutnya
Untuk menjadikan Kota Solok Tangguh Bencana harus dilakukan oleh semua pihak, karena penanggulangan bencana adalah urusan bersama.BNPB telah menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana sejak tahun 2017,dan untuk tahun 2024 ini, tema yang di angkat adalah “SIAP UNTUK SELAMAT (Indonesia Tangguh,Indonesia Hebat)”.

Baca Juga :  PPK PEMKO SOLOK GELAR BIMTEK PERPRES NO 12 TH 2021

“Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024. Semoga apa yang kita likhtiarkan hari ini berbuah manis di masa depan nanti”.tutupnya
Kegiatan dilanjutkan dengan susur sungai serta penanaman pohon Oleh wawako bersama Kepala OPD lingkup pemko solok. (Wahyu)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img