Lantik Pengurus Forikan, Bupati Safaruddin : Program Forikan Harus Mendukung Ketahanan Pangan dan Gizi Serta Menekan Angka Prevalensi Stunting

Pelantik Pengurus Forikan Limapuluh Kota periode 2022-2024 di Aula Kantor Bupati. ( Amr)

Limapuluh Kota, investigasi.news – Potensi sumber daya perikanan yang melimpah merupakan modal dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan gizi di Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk itu, kami meminta program-program yang dilaksanakan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Limapuluh Kota dalam rangka memasyarakatkan gerakan makan ikan hendaknya menjadi salah satu upaya peningkatan angka konsumsi ikan di Limapuluh Kota sehingga turut terlibat menekan angka prevalensi stunting yang tinggi. Demikian rangkuman sambutan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo ketika melantik Pengurus Forikan Limapuluh Kota periode 2022-2024 di Aula Kantor Bupati, Rabu (14/12/2022). Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Perikanan Sumbar yang diwakili Fariyetmi, Ketua Forikan Sumbar yang diwakili Ketua II Candra Gumilarti, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Dinas Perikanan Siswanto serta seluruh camat di Limapuluh Kota.
*
“Potensi perikanan di Limapuluh Kota yang besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional. Untuk itu, mari bersama kita terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama, guna mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa,” ucap Bupati Safaruddin pada bagian lain sambutannya. Kemudian dilanjutkannya, dukungan kader dan pengurus Forikan dalam rangka memasyarakatkan konsumsi ikan tahun ini diharapkan jadi tolak ukur baru dalam membuahkan upaya peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Perikanan mencatat angka konsumsi ikan di Limapuluh Kota di tahun 2022 mencapai 39,61 kg/kapita. Angka ini tumbuh 1,10% dibanding tahun sebelumnya sebesar 38,5 kg/kapita. Pertumbuhan ini diharapkan Bupati Safaruddin terus menanjak hingga memenuhi target konsumsi ikan hingga 41 kg/kapita di tahun 2024. “Kami mengajak setiap OPD di lingkup Kabupaten Limapuluh Kota ikut mendukung Forikan Limapuluh Kota dan berpartisipasi jadi penggerak memasyarakatkan gemar makan ikan,” pungkas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Ketua Forikan Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin menjelaskan, salah satu upaya untuk mensinergikan pelaksanaan program gemar ikan adalah melalui pembentukan Forikan yang bertujuan untuk memperkuat koordinasi, keterpaduan langkah, dan tindakan dari seluruh instansi terkait sekaligus sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator gerakan memasyarakatkan makan ikan. “Gerakan ini tentunya diharapkan dapat menumbuhkan generasi unggul, berdaya saing, dan berkarakter di Limapuluh Kota melalui pemenuhan asupan makanan yang sehat dan bergizi salah satunya berasal dari ikan,” ucap Nevi Safaruddin. Tidak hanya itu, Nevi berharap kepada Pengurus Forikan periode 2022-2024 menjadi pemicu dan motivator para kader Forikan untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan serentak di Kabupaten Limapuluh Kota. (Amr)