Tendangan Pertama Bupati Safaruddin Awali Bupati Cup 1 2022, 24 Tim Siap Berlaga

Turnamen Bupati Cup I Tahun 2022. (Foto: Amr)

Limapuluh Kota, investigasi.news – Sebanyak 24 tim sepakbola seantero Limapuluh Kota siap berlaga untuk memanjakan pecandu si kulit bundar Luak Limopuluah dan sekitarnya di ajang Turnamen Bupati Cup I Tahun 2022. Kompetisi ini resmi bergulir diawali tendangan pertama Bupati Limapuluh Kota pada laga pembuka antara Aroma Taram FC versus Simra FC, di Lapangan Stadion Singa Harau, Ketinggian, Kota Sarilamak, Minggu (24/12/2022).

Turnamen ini digadang-gadang untuk mengembalikan kejayaan Limapuluh Kota sebagai gudang pesepakbola bertalenta. Seperti Nil Maizar, Endra Mahyuni dan Delvi Adri, nama-nama besar yang pernah merumput di klub elit Tanah Air dan pernah menghuni skuad Tim Nasional. Di sisi lain, Turnamen Bupati Cup I 2022 seakan mengobati kerinduan klub-klub sepak bola di Limapuluh Kota pasca Pandemi Covid-19 akan hadirnya laga kompetitif antar klub. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) pun “mambangkik batang tarandam” dengan menggelar kompetisi memperebutkan Trophi Bupati Cup 1 2022.

Sebanyak 24 klub siap tancap gas untuk membuktikan siapa yang terbaik pada turnamen yang dijadwalkan berakhir pada tanggal 18 Desember 2022. Pembukaan turnamen “si kulit bundar” tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Parpora yang diwakili oleh Kepala Bidang Olahraga Syukraldi Arlen, Kepala DPMDN Endra Amzar, Kepala Satpol PP Fidria Fala, Camat Harau Andri Yasmen, kontingen dan masyarakat pecinta Sepakbola. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas terlaksananya turnamen sepak bola Bupati Cup I Tahun 2022.

Ditambahkannya, turnamen sepak bola ini diselenggarakan untuk mempererat tali persaudaraan dan menciptakan generasi muda Limapuluh Kota yang sehat dan energik. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin juga berharap ajang ini dapat menjadi salah satu upaya mencari bibit muda berbakat demi kemajuan sepak bola Limapuluh Kota maupun Indonesia. “Pemerintah Daerah akan selalu siap mendukung kegiatan yang ingin memajukan olahraga di Limapuluh Kota baik itu dari cabang sepak bola maupun cabang olahraga lainnya, semua kegiatan yang menyehatkan, Pemerintah siap dukung penuh,” ungkap Bupati Safaruddin.

Di bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin turut mengajak atlet, official maupun masyarakat untuk bersama menikmati ajang ini demi melahirkan talenta muda terbaik Limapuluh Kota. “Harapannya Kabupaten Limapuluh Kota dapat menjadi barometer sepak bola di Provinsi Sumatera Barat”, ujarnya.

Disamping itu, Bupati Safaruddin meminta agar tim yang bertanding untuk mengeluarkan kemampuan terbaik yang dibarengi dengan sikap sportif demi menciptakan suasana kondusif selama berjalannya kompetisi. Sedangkan untuk pengadil pertandingan, Ia berharap, dapat memimpin jalannya pertandingan dengan adil dan tegas. “Semoga Bupati Cup I 2022 berjalan sukses, dan tahun depan dapat digelar dengan lebih besar dan semarak, serta dengan total hadiah yang lebih besar,” tutup Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Parpora melalui Kepala Bidang Olahraga Syukraldi Arlen selaku Ketua Panitia menjelaskan, turnamen dimulai hari ini tanggal 4 Desember 2022 dan rencananya final akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2022. Mengenai mekanisme turnamen, Arlen mengatakan, Bupati Cup 1 akan dibagi dalam 3 bagan dan akan menerapkan sistem gugur (knock-out), pada pertandingan final, tim terbaik dari masing-masing bagan akan berlaga melalui skema segitiga. Selanjutnya Ia menjelaskan, demi kesuksesan turnamen Bupati Cup 1, Pemerintah Daerah telah menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan Askab PSSI Limapuluh Kota serta pihak kesehatan dan pengamanan yang terdiri dari TNI, Polri dan unsur Pol PP, Damkar, Dishub, dan BPBD. (Amr)