Kuasa Hukum PT MAC Bantah Tuduhan, Pastikan Penambangan Berizin Resmi

More articles

spot_img

Mentawai, Investigasi.News – PT Mega Asri Cemerlang (MAC) mengadakan jumpa pers pada 19 Juni 2024 yang dihadiri oleh beberapa awak media. Jumpa pers ini dilakukan terkait pemberitaan salah satu media online di Mentawai yang menyebutkan bahwa perusahaan tidak memiliki izin tambang galian C.

Pihak PT MAC merasa dirugikan oleh pemberitaan tersebut, yang menyatakan bahwa perusahaan tidak mengantongi izin tambang untuk galian yang diambil di Desa Sigicik.

Kuasa Hukum PT MAC, Rahmat Hidayat, dalam jumpa pers menyampaikan bahwa kegiatan penambangan yang dilakukan kliennya telah mengantongi izin yang dikeluarkan oleh Gubernur Sumatera Barat melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumbar. Izin tersebut berupa Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dengan nomor izin: 91202061414530001. Surat izin ini dikeluarkan berdasarkan peraturan pengganti undang-undang Republik Indonesia yang memberikan hak penambangan batuan kepada PT Mega Asri Cemerlang.

Baca Juga :  Jalan Nasional di Mentawai Akhirnya Terban

Menanggapi polemik yang beredar, Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa PT MAC akan mengambil langkah hukum terhadap media yang memberitakan informasi tidak benar tersebut. “Dalam jangka waktu tiga hari, kami akan melapor balik dengan menempuh jalur hukum sesuai UU Pers dan UU ITE, serta berdasarkan pasal 310 dan 311 KUHP,” tegas Rahmat Hidayat.

Rahmat menambahkan bahwa berita tersebut tidak berimbang dan merugikan pihak PT MAC, karena wartawan dari media terkait tidak pernah melakukan konfirmasi terhadap perusahaan mengenai keberadaan izin galian. “Lokasi penambangan telah ditetapkan di wilayah Dusun Sigicik, Desa Nenem, Kecamatan Sipora Selatan, sesuai yang ditentukan oleh Gubernur Sumbar,” jelas Rahmat.

Berdasarkan izin yang dikeluarkan pada 29 Agustus 2023, PT MAC telah melakukan aktivitas penambangan galian batuan hingga saat ini. Rahmat juga menegaskan bahwa perusahaan telah memenuhi semua kewajiban seperti pembayaran pajak kepada Pemerintah Daerah Mentawai. “Perusahaan kami telah membayar pajak dan kewajiban lainnya kepada pemerintah daerah,” ujar Rahmat.

Baca Juga :  PJ Bupati Martinus Buka TMMD ke 116 Kodim 0319/Mtw

Sebagai penutup, Rahmat menekankan bahwa PT MAC selalu berkomitmen untuk menjalankan operasionalnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan transparan dalam segala proses perizinan. “Kami berharap media dapat menyajikan informasi yang berimbang dan faktual,” pungkasnya.

Mebri

spot_img
spot_img

Latest

spot_img