Lapas Kelas IIA Padang Terima Piagam Penghargaan Dari BNNP Sumbar

Lapas Kelas IIA Padang Terima Piagam Penghargaan Dari BNNP Sumbar. (Foto: Ist)

Padang, Investigasi.news – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang (Lapas Padang) menerima Piagam Penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat (BNNP Sumbar). Piagam penghargaan diterima pada saat pelaksanaan Kegiatan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara Lapas Kelas IIA Padang dengan BNNP Sumbar, Kodim 0312 Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang, RSJ HB. Saanin Padang, Koni Kota Padang dan Sanggar Tari Darak Badarak Pariaman, bertempat di Hall Lapas Kelas IIA Padang, Kamis (8/12).

Piagam penghargaan ini sebagai bentuk penghargaan dari BNNP Sumbar kepada Lapas Kelas IIA Padang yang telah berhasil dan sukses melaksanakan kegiatan tes urine massal kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (Warga Binaan) dan seluruh Petugas Lapas yang ada di Lapas Kelas IIA Padang dengan hasil Negatif, sebagai mana yang disampaikan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Era Wiharto .

“Pemberian Piagam Penghargaan dan Plakat oleh BNNP Sumbar sebagai wujud keberhasilan Lapas Kelas IIA Padang dalam melakasanakan Tes Urine serentak Kepada seluruh Warga Binaan yang berjumlah 1024 orang dan 125 orang Petugas Lapas dengan hasil seluruhnya Negatif.” ujar Era Wiharto. Lebih lanjut Era Wiharto menyampaikan pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama dengan pihak BNNP Sumbar, guna transparasi dalam pelaksanaan kegiatan dan hasilnya.

Rasa syukur dan bangga disampaikan Era Wiharto atas keberhasilan pelaksanaan kegiatan tes urine massal tersebut dengan hasil Negatif, dan secara tidak langsung dari hasil ini menggambarkan bagaimana kondisi Lapas Kelas IIA Padang yang telah bersih dan bebas dari pemakaian narkoba (baca : Laaps Padang Bersinar) ujar Kalapas.

“Kita akan terus berupaya menghilangkan penyalahgunaan pemakaian dan peredaran narkoba di dalam lapas, sehingga turwujudnya Lapas Kelas IIA Padang yang bersih dari Narkoba (baca : Lapas Padang Bersinar) dengan cara melakukan cek urine secara berkala, melaksanakan pengeledahan/razia baik itu razia rutin maupun insidentil.” sambung Era Wiharto.

Sementara itu Kepala BNNP Sumbar, Kombes Pol. Drs. Sukria Gaos, MM. ketika di wawancara oleh Tim Humas Lapas mengatakan bahwa “Pemberian piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada Lapas Kelas IIA Padang yang telah mampu berkomitmen dan berprestasi dalam mencegah pemakaian narkoba oleh Warga Binaan dan pegawainya, artinya Kalapas beserta jajaran telah berhasil dalam melakukan pembinaan kepada Warga Binaannya sehingga Lapas Kelas IIA Padang mampu mewujudkan lingkungannya bersih dari narkoba.”

Lebih lanjut Kepala BNNP berharap juga apa yang telah dilakukan oleh Kalapas Kelas IIA Padang juga diikuti oleh Kepala Lapas dan Rutan yang ada di Sumatera Barat lainnya, (Rel/Na)