UMKM Sawahlunto Promosikan Produk di Minang CrEFt

Padang, investigasi.news – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Sawahlunto ikut berpartisipasi dalam pameran UMKM pada rangkaian kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) di GOR H. Agus Salim Padang, sejak Sabtu sampai Senin atau 26-28 November 2022.

Data dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto, tercatat sebanyak sembilan pelaku UMKM Sawahlunto yang memamerkan produknya pada dua stand yaitu stand UMKM binaan Bank Indonesia (BI) dan binaan Dekranasda.

Sembilan UMKM itu adalah Rita Fitri (Sigek Art), Anita Dona Asri (Dollas songket), Vivi Elga Desmi (songket), Tya Hermoza (Kayana/tas kulit dan songket) Lambang Wicaksono (Asika/kaos sablon), Palantai (songket), Mojao Art (songket), Najma Kitchen (makanan) dan INJ (songket).

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang menghadiri Minang CrEFt langsung meninjau ke stand tempat para pelaku UMKM itu memamerkan produknya.

Di hari pertama pameran itu, stand Sawahlunto dikunjungi oleh rombongan tamu VIP yakni Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Ketua TP-PKK Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama, Anggota DPD RI Leonardi Harmaini dan Ema Yohana, dan Kapolda Sumbar Irjen. Pol Suharyono.

Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) ini adalah kegiatan kolaborasi dari Pemprov Sumbar dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar yang bertujuan untuk memfasilitasi sosialisasi, edukasi dan promosi UMKM Sumbar.

Dalam rangkaian Minang CrEFt ini diselenggarakan sejumlah kegiatan yakni pameran 100 stand UMKM, lomba kreatif Cinta Bangga Paham Rupiah, lomba karnaval kreatif diikuti 1.400 peserta dari berbagai unsur, penampilan Band GIGI, Orkes Taman Bunga, hingga talkshow UMKM dengan Andy F. Noya.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebut keikutsertaan pelaku UMKM Sawahlunto dalam momen ini sebagai kesempatan emas meningkatkan daya promosi produk.

“Pemko Sawahlunto mendukung pelaku UMKM dalam mengikuti pameran ini melalui Disperindagkop. Alhamdulillah, pada hari pertama tadi kita melihat langsung sudah banyak pengunjung yang singgah dan rata-rata mereka tertarik sehingga membeli apa yang dipamerkan,” pungkasnya. (T.Ab)