Warga Binaan Lapas Padang Tampilkan Gandang Tabuah Berkolaborasi dengan Sanggar Kesenian Darak Badarak Pariaman

Lapas
Warga Binaan Lapas Padang Tampilkan Gandang Tabuah. (Foto: Ist)

Padang, investigasi.news – Puluhan Warga Binaan Lapas Padang menampilkan atraksi seni Gandang Tabuah berkolaborasi dengan Sanggar Kesenian Darak Badarak Pariaman dengan penuh semangat dan percaya diri, Warga Binaan tersebut tampil dalam Kegiatan Penandatanganan Kerjasama (PKS) antara Lapas Padang dengan 5 Instansi dan pihak ketiga. Penampilan Warga Binaan tersebut disambut tepuk tangan gemuruh oleh undangan dan Warga Binaan lainnya, bertempat di Hall Lapas pada Kamis (8/12).

Penampilan kesenian oleh Warga Binaan merupakan hasil dari salah satu program pembinaan yang baru dibentuk di Lapas Padang bekerjasama dengan Sanggar Seni Darak Badarak Pariaman. Puluhan Warga Binaan diajarkan memainkan berbagai alat musik tradisional Minangkabau secara rutin dan terjadwal. Penjelasan ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Kalapas Era Wiharto.

“Alhamdulillah penampilan kesenian Gandang Tabuah Warga Binaan Lapas Padang mendapat sambutan yang meriah dari pimpinan wilayah dan para tamu undangan. Penampilan tersebut merupakan hasil latihan bersama Tim Sanggar Kesenian Darak Badarak yang juga hari ini ikut menandatangani perjanjian kerjasama dengan Lapas Padang. Sebagai salah satu kegiatan pembinaan kesenian di Lapas Padang, para Warga Binaan tersebut dilatih dan dijarkan cara bermain alat musik tradisional dikombinasikan dengan alat musik modern, Hal ini sejalan dengan tujuan melesrtarikan kesenian tradisional dan budaya lokal.” Ujar Kalapas

Pada kesempatan ini Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Mona Ariska juga menjelaskan, “penampilan kesenian warga binaan ini merupakan penampilan perdana bagi mereka, yang disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah dan para tamu undangan lainnya, termasuk juga hadir perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dengan adanya program kesenian kami berharap mereka bisa dikenal masyarakat dan tampil di panggung umum disetiap pertunjukan kesenian yang ada di Sumatera Barat,”

Pimpinan Sanggar Kesenian Darak Badarak Ribut Anton Sujarwo yang biasa dipanggil Ribut merasa sangat puas dengan penampilan Warga Binaan Lapas Padang, dengan hanya latihan baru satu bulan para Warga Binaan ini bisa menampilkan suatu pertunjukan yang luar biasa dan bisa memukau penonton yang hadir, ujar Ribut. Mudah-mudahan ilmu yang mereka pelajari bisa bermanfaat setelah mereka bebas nanti. (Rel/Na)