Magang di Kominfo, Tiga Mahasiswi PNP Hasilkan Tiga Website Untuk Padang Panjang

More articles

spot_img

Padang Panjang, investigasi.news — Tiga mahasiswi Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Manajemen Informatika dari Politeknik Negeri Padang (PNP) hasilkan tiga website selama magang di Dinas Kominfo Kota Padang Panjang.

Tiga website tersebut dihasilkan Kintan Sepril Syayuni, Rani Latifah Cahyani dan Yunika Butsainah Puri saat magang selama empat bulan, mulai 19 Februari 2024 hingga 14 Juni kemarin.

Website yang dihasilkan, di antaranya CSIRT Padang Panjang (csirt.padangpanjang.go.id), Smart City Padang Panjang (smartcity.padangpanjang.go.id) dan Diskominfo Padang Panjang (diskominfo.padangpanjang.go.id).

Kepala Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi, Rini Salmirawati, S.Kom, M.Si menyampaikan, tiga website ini dua di antaranya baru dibuat dan website Diskominfo merupakan pembaharuan dari yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga :  Harapkan Prestasi, Wako Padang Panjang Fadly Amran Serahkan SK 51 CPNS dan 27 PPPK

“Dari awal mereka magang kita sudah memberikan ide untuk website ini. Kita rasa ini juga dibutuhkan Padang Panjang. Kita juga melakukan presentasi kepada mereka untuk menjelaskan masing-masing website,” ujarnya.

Ia mengatakan presentasi ini juga untuk melatih mereka dalam menghadapi Sidang Magang dengan dosen di kampusnya.

Website Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Padang Panjang merupakan aplikasi untuk tim yang bertanggung jawab dalam menangani insiden keamanan siber di lingkungan Padang Panjang. Website ini menyediakan informasi dan layanan terkait keamanan siber. Termasuk pelaporan insiden, edukasi keamanan, dan prosedur penanganan insiden.

Smart City Padang Panjang adalah inisiatif untuk menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan kualitas hidup warga. Website ini menyediakan informasi tentang berbagai proyek dan inisiatif Smart City yang sedang berjalan dan direncanakan, termasuk infrastruktur, layanan publik, dan inovasi kota cerdas.

Baca Juga :  25 Volunteer akan Terlibat dalam TPAT II-2022

Sedangkan website Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas kebijakan, pengelolaan, dan implementasi komunikasi dan informatika di Padang Panjang. Website ini menyediakan informasi tentang program, layanan, dan kebijakan Diskominfo.

Rani Latifah Cahyani menyampaikan terima kasih kepada Kominfo yang sudah menjadi tempat pengalaman sangat berharga bagi mereka bertiga dalam menghadapi dunia kerja ke depannya.

Pengalaman yang mereka dapatkan selama masa magang telah memperluas wawasannya di bidang e-Government dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Kami sangat menghargai bimbingan, arahan, serta dukungan yang telah diberikan oleh seluruh tim Kominfo. Keyakinan kami, pengalaman ini akan menjadi landasan yang kuat dalam membangun karir kami dimasa depan semakin kuat. Terima kasih atas kesempatan emas ini,” tuturnya. (shintia/kamal)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img