Resmi, Pemko Padang Panjang Luncurkan Program Basunting

More articles

spot_img

Padang Panjang, investigasi.news – Wakil Wali Kota, Drs. Asrul meresmikan Program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting (Basunting), Jumat (8/23) di Aula Kecamatan Padang Panjang Timur.

Wawako Asrul menyampaikan, Program Basunting sudah sejak tiga bulan lalu digagas. Pihaknya mengajak semua elemen untuk mulai aksi nyata gerakan gotong royong dalam percepatan penurunan stunting yang menyasar langsung keluarga berisiko stunting di Kota Padang Panjang.

“Ini merupakan program nasional yang harus kita upayakan semaksimal mungkin. Sebelumnya sudah ada Surat Edaran (SE) Gubernur dan Wali Kota,” jelasnya.

Pihaknya berharap, koordinasi lurah berjalan lancar untuk mendatangi organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai Basunting.

“Mudah-mudahan ini pertemuan terakhir. Desember dan Januari ini, kita akan evaluasi kembali. Kita akan awasi langsung perjalanannya. Mudah-mudahan, masing-masing kita berperan nyata. Mulai besok kita action ke lapangan.” Harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPA) Drs. Osman Bin Nur, M. Si dalam laporannya menyebutkan, berdasarkan data pengukuran pada Agustus, balita stunted 491 anak, dengan baduta stunting 164 anak, 81 anak di antaranya berasal dari keluarga miskin.

“Intervensi Basunting ini berupa pemberian makanan pangan lokal dengan kecukupan gizi yang diukur per harinya selama enam bulan,” ucapnya.

Pembagiannya, tambah Osman, untuk 16 kelurahan akan diakomodir dua sampai tiga instansi sebagai bapak dan ibu asuh yang tergabung dalam program ini.

“Misalnya untuk Kelurahan Silaing Bawah dengan jumlah Baduta stunted 7 anak, akan diakomodir Inspektorat, Perdakop UKM serta BPS. Begitu juga dengan kelurahan lain di Kota Padang Panjang,” terangnya. (Km/Mc)

spot_img

Latest

spot_img