Sukseskan Pemilu 2024 Mendatang, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Bagi Insan Media

Padang Panjang, investigasi.News – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Padang Panjang gelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi insan media di Auditorium Minang Fantasi Waterpark, Sabtu (5/11/2022).

Ketua Bawaslu Kita Padang Panjang Santina diwakili Koordinator Divisi (Kadiv) Penangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Darusman Hendra, SE.I dalam sambutannya mengatakan, sebenarnya, setiap kegiatan Bawaslu itu tidak mungkin tercover oleh masyarakat tanpa peran media.

“Kami harus mengaku, setiap pengawasan proses pemilu itu tidak mungkin terawasi oleh Bawaslu sendiri. Maka kita perlu bersama-sama melakukan partisipasi pengawasan pemilu bersama masyarakat,” sebut Darusman Hendra. Acara sosialisasi ini, dari Bawaslu hadir Jhoni Aulia, S.Sos.I Koordinator Divisi (Kadiv) Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Novlinda, SE, MM Bendahara Pengeluaran Pembantu Bawaslu Kota Padang Panjang serta puluhan Wartawan yang bertugas di Kota Padang Panjang.

Jhoni Aulia, S.Sos.I Koordinator Divisi Hukum mengatakan bagaimana Bawaslu dengan awak media bisa bersama-sama menyukseskan pengawasan pemilu serentak 2024 mendatang.

“Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu masih memakai peraturan UU pemilu yang masih sama pada pemilu sebelumnya. Terutama terkait kewenangan Bawaslu seperti Mencegah, Mengawasi, dan Memproses,” kata Jhoni. Untuk itu, kami akan merangkul media untuk bekerja sama.

“Kedepannya, kami akan memberikan slot untuk masing-masing media. Sehingga pesan-pesan yang kita sampaikan bisa sampai ketengah masyarakat. “Kami akan membuat fakta integritas, bagaimana partisipasi masyarakat agar aktif menyukseskan, helat demokrasi, mulai dari Pilpres, Pileg, Pilgub dan Pilkada,” akhirnya. Km