TPAT II-2022 Resmi Dibuka, Sestama Perpusnas Apresiasi Padang Panjang

TPAT II-2022 Resmi Dibuka. (Foto: Ist)

Padang Panjang, investigasi.news – Membuka secara resmi Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) II-2022, Sekretaris Utama (Sestama) Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Ofy Sofiana, M.Hum apresiasi Kota Padang Panjang sebagai Kota Literasi.

“Dengan suksesnya Pemko Padang Panjang menggelar TPAT I pada 2018 lalu, dan sekarang kembali mengadakan TPAT II-2022 dengan mendatangkan kurang lebih 100 penyair dari negara di Asia Tenggara, tentunya memperkuat Padang Panjang sebagai kota literasi,” sebut Ofy dalam sambutannya saat pembukaan TPAT II-2022, Rabu (30/11) malam, di Auditorium Mifan Water Park.

Ofy juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya TPAT II, dengan harapan Padang Panjang bisa menjadi percontohan Kota Literasi bagi seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyampaikan selamat datang kepada seluruh penyair dari negara Asia Tenggara di Kota Serambi Mekkah ini.

“Ini momen yang sangat berbahagia bagi kami, karena visi misi Kota Padang Panjang sebagai Kota Pendidikan, Kota Literasi terjawab dengan kegiatan pariwisatanya yang bertajukkan pendidikan dan litetasi, salah satunya kegiatan Temu Penyair Asia Tenggara ini,” tuturnya.

Fadly berharap, selama berkegiatan dalam TPAT II, bisa memberi kesan dan kenangan kepada seluruh penyair bagaimana keindahan, kenyamanan dan romantisme di Kota Padang Panjang.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Endang Kurniady, S.H yang menyampaikan sambutan gubernur juga turut mengapresiasi Pemko Padang Panjang dan seluruh pihak terkait dengan terselenggaranya TPAT I-2018 dan TPAT II tahun ini.

“Kami dari Pemprov sangat mengapresiasi Pemko Padang Panjang yang selalu konsisten dalam penyelenggaraan kegiatan peningkatan literasi bagi pegiat literasi dan masyatakat Kota Padang Panjang pada khususnya, serta masyarakat Sumatera Barat pada umumnya,” ucapnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini bisa meningkatkan semangat bagi pemangku kebijakan, pegiat literasi, masyarakat untuk meningkatkan nilai gemar membaca.

Dalam kegiatan itu, juga diisi dengan penampilan dari beberapa penyair perwakilan masing-masing negara. Turut hadir, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Forkopimda, Bunda Literasi, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, asisten, OPD dan seluruh peserta TPAT-II. (Km/rel)