Tren Magang Mandiri, Kominfo jadi Tempat Menimba Ilmu Mengisi Libur Kuliah

More articles

Padang Panjang, investigasi.news — Setiap tahunnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selalu menjadi pilihan bagi para mahasiswa sebagai tempat menimba ilmu secara nyata di lingkungan kerja.

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia silih berganti menjalani magang di Kominfo Padang Panjang. Ada yang menjadi program kampus, ada pula yang menjadi keinginan mahasiswanya sendiri atau dikenal magang mandiri.

Magang mandiri ini awalnya dilakukan mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Andalas (Unand), Hanisah dan Rahman. Mereka mengisi liburan semester ganjil 2023/2024 dengan magang selama dua bulan di Kominfo.

Hal serupa dilakukan Hennry Septio Alfarobbi mahasiswa program studi Manajemen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan Lussy Adriatica mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Baca Juga :  Malam Resepsi HUT RI ke-79 Kota Padang Panjang Berlangsung Meriah

Mereka berdua, Jumat (9/8/2024), resmi mengakhiri masa magang mandiri mereka setelah satu bulan berada di Tim Liputan Kominfo. Kegiatan magang ini mereka lakukan dengan inisiatif pribadi untuk mengisi waktu luang selama liburan semester genap.

โ€œSelama magang di Kominfo, Alfa banyak bertemu dengan pejabat pemerintah serta melihat langsung bagaimana mereka menjalankan tugasnya secara profesional. Berbeda dengan di kampus, apalagi home based alfa ada di Prodi Manajemen. Jadi ini merupakan suatu hal yang baru dan berkesan untuk Alfa pribadi,โ€ tuturnya.

Sementara Lussy menyampaikan, magang ini cukup singkat mengingat kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu luang selama liburan semester.

โ€œDi Kominfo, Lussy mendapatkan begitu banyak pembelajaran seperti meliput berita, melakukan interaksi dengan banyak tokoh penting. Sekaligus mengasah skill design grafis yang berhubungan dengan studi Lussy di kampus. Walaupun waktunya cukup singkat, tapi Lussy merasa dalam satu bulan ini ilmu yang didapat sangat berharga.โ€ ujar Lussy.

Baca Juga :  Prevalensi Stunting Turun, Wawako Asrul Ingatkan Untuk Kejar Target Nasional

Kepala Diskominfo, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si. memberikan apresiasi penuh kepada mereka dan memberikan pesan untuk terus menulis.

โ€œKominfo itu terbuka bagi siapapun, sama seperti menerima kalian sebagai mahasiswa magang di sini. Pelajari semua yang ada dan dari sini kita bisa tahu situasi sebenarnya dunia kerja seperti apa. Terima kasih sudah memberikan kontribusi untuk Kominfo. Beritahulah teman-teman tentang ilmu yang didapat selama magang di sini. Jangan lupa untuk terus menulis. Menulis tidak perlu menunggu momen, mulai saja..โ€ pesan Ampera. (mg/aisyah)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest