Wako Fadly Amran Buka Open Road Race Championship 2022

Padang Panjang, investigasi.news – Ajang balap motor bertajuk Ex-Rider Wali Kota Padang Panjang Open Road Race Championship 2022 resmi dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Ahad (13/11).

Sebanyak 420 lebih pembalap dari berbagai daerah di Indonesia, turut ambil bagian untuk menjadi yang terbaik pada gelaran yang dilaksanakan di Sirkuit Legendaris Nonpermanen (NP) Bukit Surungan.

Wako Fadly dalam sambutannya sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah membantu dan men-support penuh untuk terlaksananya kegiatan ini. Fadly berharap kompetisi ini bisa dilaksanakan secara sportif dengan jiwa penuh keolahragaan.

“Pemko akan terus mendukung kegiatan keolahragaan dan kepemudaan seperti ini. Insyaa Allah Kota Padang Panjang tahun 2023 akan menjadi tuan rumah Porprov. Untuk persiapan tersebut kami tengah membangun sarana Sport Center yang juga akan mempunyai sirkuit road race nantinya,” sebut Fadly.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, juga berdampak efek domino bagi masyarakat terutama para pelaku UMKM dan warga sekitar.

“Terlihat sangat banyak para pelaku UMKM yang hadir. Ini yang kita harapkan, kebangkitan sosial ekonomi melalui ajang multi event yang diselenggarakan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Ex-Rider Sumbar, Firman Setiawan kepada Kominfo menyebutkan, ajang ini memperlombakan sebanyak 15 kelas dan dua kelas eksebisi.

Kegiatan ini, tambahnya lagi, digelar guna mencari bakat dan talenta muda dalam olahraga balap motor. Kemudian juga untuk mengurangi kenakalan-kenakalan remaja seperti balap liar serta ugal-ugalan di jalanan.

Disebutkannya, balap ini terselenggara juga tak lepas support penuh dari Pemerintah Kota Padang Panjang dan para sponsor yang ikut berpartisipasi.

Firman menambahkan, untuk para pelaku UMKM di Kota Padang Panjang khususnya warga sekitar yang ingin berjualan di event ini, pihaknya tidak memungut biaya retribusi atau sebagainya. Namun untuk para pengunjung yang ingin menyaksikan, dipungut biaya masuk sebesar Rp25 ribu per orang.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk upaya dari kami untuk menggeliatkan kembali UMKM setelah masa sulit pandemi Covid-19. Semoga dengan adanya event ini dapat memberi berkah bagi teman-teman UMKM dan kita semua. Panitia acara juga kita ambil dari warga sekitar, seperti marshall, umbrella dan lainnya,” terangnya. (Km/Mc)