logo investigasi
logo investigasi

Wawako Asrul Serahkan SPPT PBB-P2 2023 kepada Lurah

Padang Panjang, investigasi.news- Wakil Wali Kota, Drs. Asrul menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara simbolis kepada perwakilan lurah dalam acara Pekan Panutan Pajak, Selasa (7/2), di Hall Lantai III Balai Kota.

Selain penyerahan SPPT PBB 2023 dalam kegiatan yang merupakan kerja sama Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bukittinggi serta KP2KP Padang Panjang ini, juga disosialisasikan Pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP), serta pelaporan pajak melalui e-Filing.

Wawako Asrul berharap kepada camat dan lurah agar bekerja maksimal dalam meningkatkan realisasi penerimaan PBB-P2.

“Belakangan ini ada kecenderungan terjadi penurunan dalam realisasinya. Data 2022, dari 14.861 lembar SPPT-PBB, 82,76 persen yang terdistribusi ke masyarakat sisanya dikembalikan ke BPKD,” ungkapnya.

Kepala KPP Pratama Bukittinggi, Rahmad Siswoyo mengapresiasi jajaran Pemko yang telah bekerja sama dalam menyukseskan pelaporan SPT Tahunan.

“Kepatuhan terhadap pelaporan SPT tahunan dari 1.935 jumlah ASN di Padang Panjang yaitu 82.69 persen. Tahun 2022 penerimaan pajak di wilayah kerja KPP Pratama Bukittinggi sebesar 108 persen ini juga berkat dukungan Pemko Padang Panjang,” ucapnya.

Ditambahkannya, pemadanan NPWP dengan NIK, sudah dimulai sejak 14 juli 2022, pihaknya berharap pemadanan ini telah selesai hingga Maret 2023 mendatang.

“Per 1 Januari 2024 NPWP tidak akan diberlakukan lagi, hanya mengunakan NIK. Untuk itu, mari kita bersama-sama sebagai wajib pajak melakukan pemadanan NPWP dengan NIK ini,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala BPKD, Dr. Winarno, M.E mengungkapkan, 2023 ini jumlah SPPT PBB sebanyak 14.863 lembar.

“Untuk meningkatkan pendapatan pajak, kita telah melakukan berbagai inovasi. Di antaranya, mengembangkan sistem informasi publik PBB-P2, di mana masyarakat bisa langsung mengakses data dan hal lain terkait kewajiban masyarakat dalam melunasi PBB-P2 ini. Berkat inovasi tersebut, pada 2022 penerimaan kita dari piutang sudah meningkat mencapai Rp555 juta,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, diberikan penghargaan kepada tiga OPD dengan tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan ASN tertinggi 2021 yang diperoleh Kelurahan Guguak Malintang, Satpol PP Damkar serta BPKD. (A/Kml)

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -