Bupati Hamsuardi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 Polres Pasbar

More articles

Pasbar, investigasi.news-Polres Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Singgalang Tahun 2024, Senin (26/8) di halaman kantor Polres setempat. Apel dihadiri langsung oleh Bupati Pasbar Hamsuardi bersama unsur Forkopimda dan stakeholder terkait lainnya.

Saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar), Kapolres Pasbar AKBP Agung Tribawanto, S.I.K., menyebutkan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Praja Singgalang 2024, sehingga Pilkada diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

โ€œPilkada serentak tahun 2024 adalah pesta demokrasi kedua setelah Pemilu Februari kemarin. Seluruh komponen bangsa dan masyarakat harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada 2024. Terlebih, Pilkada 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah di Sumbar dan melibatkan jumlah pemilih yang besar,โ€ tegasnya.

Baca Juga :  Polres Pasbar Laksanakan Operasi Gabungan Mantap Brata 2023-2024

Ia menjelaskan bahwa Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 dilaksanakan selama 113 hari, sejak 27 Agustus 2024 hingga 19 Desember 2024, yang diikuti oleh 2.162 personel Polda Sumbar dan 4.690 personel Polres dan Polsek jajaran se-Sumbar selama tahapan Pilkada serentak.

Pemungutan suara akan berlangsung pada 27 November 2024 dengan jumlah DPT terdaftar sebanyak 4.088.606 jiwa di 19 kabupaten/kota, 179 kecamatan, 1.265 desa/kelurahan, dan 10.785 TPS yang tersebar di seluruh wilayah se-Sumbar.

Ia juga meminta peserta apel agar terus melakukan pemetaan potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing-masing. Khusus bencana alam, agar berkoordinasi dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas, dan pemangku kepentingan lain guna memetakan daerah rawan.

Baca Juga :  Sapi Asal Pasbar Raih Juara 3 Kontes Ternak di Acara Penas Tani ke XVI

โ€œTerdapat penekanan untuk kita pedomani, di antaranya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras, dan fasilitas penunjang lainnya, melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP, pimpinan di setiap tingkat harus terjun langsung ke lapangan, melakukan pengaturan jadwal pengamanan, mengedepankan komunikasi publik, serta meningkatkan sinergitas dan solidaritas antarseluruh personel pengamanan,โ€ tambah Kapolres Pasbar. (Dila)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest