Bupati Hamsuardi: Pemda komitmen memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Pasbar

More articles

spot_img

Pasbar, investigasi.news-Dalam rangka melahirkan Hafiz Alquran di Pasaman Barat dan mendukung program unggulan pemerintah dalam melahirkan Hafiz Quran di Sekolah SD dan SMP, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Padang TV menggelar Lomba Cerdas Quran untuk ketiga kalinya. Sebanyak 51 tim dari 46 sekolah dasar dan SMP sederajat di Pasbar ikut dalam lomba tersebut.

Bupati Hamsuardi saat membuka lomba pada Senin (20/5), berharap Lomba Cerdas Quran menjadi agenda tahunan di Pasamam Barat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia lomba karena telah mendukung jalannya program pemerintah daerah di bidang agama yakni Tahfiz Alquran dan Magrib Mengaji.

“Secara pribadi Pemkab Pasbar mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara lomba yang telah menggagas acara ini yang sudah terlaksana 3 tahun berturut-turut. Lomba ini berjenjang hingga ke tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tentu melalui lomba ini menambah semangat anak-anak kita di Pasaman Barat. Bersamaan dengan program kita membaca Alquran, magrib mengaji dan tahfiz Alquran. Semoga kekuatan ini berdampak bagi kita terhadap kegiatan proses belajar dan aklak anak-anak kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Tim Reskrim Polsek Lembah Melintang Amankan Pelaku Pembegalan Sepeda Motor

Bupati Hamsuardi mengaku senang dengan terselenggaranya lomba Cerdas Quran di Pasaman Barat, karena menurutnya membaca dan mengamalkan Alquran harus dibumikan, terutama bagi para generasi muda dan pelajar di Pasaman Barat.

“Mari kita bersama-sama melaksanakan Tahfiz Alquran ini dengan baik. Hari ini kita melihat anak-anak kita tampil mampu menjawab pertanyaan, itu artinya sudah membumikan Alquran di Pasaman Barat ini. Saya juga berharap kita konsisten bersama-sama untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat dan akhlak generasi muda,” harapnya.

Bupati Hamsuardi juga menghimbau sekolah negeri tingkat SD dan SMP untuk terus menjalankan program Tahfiz Alquran itu, agar tidak tertinggal dari sekolah IT yang semakin berkembang di Kabupaten Pasaman Barat.

Baca Juga :  Kesbangpol Pasbar Sosialisasikan Bahaya Narkoba Ke Pelajar

Ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, berkomitmen dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Pasbar. Hal tersebut terbukti dengan berbagai program Pemda di bidang pendidikan serta telah mengangkat ratusan tenaga pengajar PPPK.

“Saya berharap kita konsisten dengan pendidikan di kabupaten pasaman barat ini, karena berdasarkan hasil survei sekitatar 60 persen masyarakat yang tamat SLTA. Pemkab Pasbar sudah mengangkat tenaga PPPK untuk memajukan pendidikan di Pasbar. Dan hal itu merupakan bukti komitmen Pemkab Pasbar dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Pasbar,” tegasnya.

Di sela perlombaan, Bupati Hamsuardi juga terlihat memberikan reward kepada semua perserta, sebagai bentuk motifasi dan penyemangat peserta lomba.

Baca Juga :  Bupati Pasbar, Resmi Laucing Gernas Aksi Bergizi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Adrianto menyampaikan bahwa lomba tersebut diikuti oleh 51 tim dari 46 sekolah se-Pasbar yang terdiri dari 36 tim dari 33 SD dan 15 Tim dari 13 SMP. Materi dalm lomba Cerdar Quran itu terdiri dari Hafalan Qur’an juz 30 dan Pengetahuan Agama (Pendidikan Agama Islam).

Ia juga mnejelaskan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program unggulan Pasaman Barat Tahfiz Alquran di Lomba Cerdas Qur’an Tingkat SD dan SMP se-Pasbar Tahun 2024. Admin

spot_img
spot_img

Latest

spot_img