Dinas Koperasi dan Umkm Pasbar Gelas Bazar dan Pasar Murah

Pasbar, Investigasi.news-Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), gencar melakukan bazar dan pasar murah dalam rangka menekan laju inflasi daerah di Kabupaten Pasbar Rabu (16/11). Bazar dan pasar murah tersebut digelar di beberapa titik, yakni di Paroman, Sungai Aur dan Talamau.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Fahrein mengatakan, bahwa bazar dan pasar murah dilakukan untuk meringankan beban masyarakat di tengah laju inflasi saat ini. Karena harga pasar murah disubsidi oleh pemerintah, sehingga lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar.

“Kegiatan bazar dan pasar murah menjual bahan pokok seperti gula, minyak goreng, telur ayam, beras IR-64 (10 kg), beras IR-64 (5 kg), beras IR-42 (5 kg) dan lainnya. Dengan subsidi harga mencapai Rp6 ribu,” kata Fahrein.

Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah dan berbelanja di pasar murah yang digelar tersebut. Dengan begitu diharapkan lonjakan harga bisa turun secara bertahap. Bazar dan pasar murah ini,

Ditambahkan, Fahrein akan gencar dilakukan hingga Desember mendatang bekerjasama dengan Bulog Cabang Bukittinggi. Untuk itu, ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah ditengah tingginya harga bahan pokok. “Segera ambil peluang ini, apalagi harga yang dijual di bahwa harga pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Gunung Tuleh M. Ghor mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan instruksi dari pemerintah daerah dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam kebutuhan rumah tangga seperti menanam cabai.

“Instruksi ini kita sampaikan kepada masyarakat agar mereka menanam cabai dan kebutuhan rumah tangga di lahan pekarangan. Kita juga bekerja sama dengan TP PKK kecamatan, nagari hingga jorong.

Sehingga kebutuhan rumah tangga akan terbantu dan harga kembali stabil,” sebutnya. Ia juga menyambut baik apa yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Pasbar yang menggelar bazar dan pasar murah. Karena bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok ditengah harga- harga cukup tinggi.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemda, karena kami lihat bazar dan pasar murah ini tepat sasaran,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pj Wali Nagari Rabi Jonggor Niswan Adil Lubis mengatakan, bahwa ia menilai warganya antusias menyambut bazar dan pasar murah. Apalagi harga yang ditawarkan dibawah harga di pasaran.

“Nampaknya warga menyambut baik adanya pasar murah ini. Memang kebutuhan pokok ini merupakan kebutuhan dasar kita semua. Walaupun harganya melambung tinggi, kita tetap membelinya juga. Dengan adanya subsidi harga dari sangat membatu masyarakat kecil,”ungkap Niswan. (Malin)