Bapeda Pasaman Gelar Bimtek

More articles

spot_img

Pasaman, Investigasi.News – Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pasaman menggelar Bimtek Pengukuran dan Penginputan Indeks Inovasi Daerah Dalam Rangka Penilaian Innovative Government Award Tahun 2023 di Lingkungan Pemkab. Pasaman.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Bapeda Kab.Pasaman selama 2 hari, Rabu – Kamis (7 – 8/06/2023) dan diikuti oleh SKPD, Kecamatan, Bagian dan Kepala Puskesmas dilingkungan Pemkab.Pasaman. Nara sumber kegiatan dari Balitbang Provinsi.Sumbar dan Bappeda Kab. Pasaman.

Kepala Bappeda Kab. Pasaman Choiruddin Batu Bara, SE, MM dalam arahannya menyampaikan, kegiatan Bimtek Penginputan Indeks Inovasi Daerah di lingkungan Pemkab.Pasaman ini dalam rangka penilaian dan pemberian penghargaan Inovasi Daerah / Innovative Government Award tahun 2023 oleh Kementerian Dalam Negeri kepada daerah Kabupaten/Kota yang kreatif dan inovatif melaksanakan inovasi daerah dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan.

Dasar hukum penyelenggaraan innovasi daerah tersebut, undang -undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, undang-undang no 11 tahun 2019 tentang sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi, peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah dan peraturan menteri dalam negeri no 104 tahun 2018 tentang penilaian dan pemerintah penghargaan dan / atau insentif inovasi daerah.

Berdasarkan pasal 388 ayat (7) undang-undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan pasal 22 ayat (1) dan (2) peraturan pemerintah tahun 2017 tentang inovasi ditegaskan, bahwa kepala daerah melaporkan inovasi daerah kepada Menteri Dalam Negeri dan Menteri Dalam Negeri melakukan penilaian inovasi daerah berdasarkan laporan dari kepala daerah, terhadap hasil penilaian inovasi daerah tersebut diberikan penghargaan dan/atau insentif kepada Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya disampaikan kepala Bappeda, sebagai informasi pada pengukuran dan penilaian IGA tahun 2022, Kabupaten Pasaman telah melaporkan sebanyak 171 inovasi dan masuk kategori daerah Kabupaten Innovative dengan rincian inovasi yang telah diinputkan dalam aplikasi indeks inovasi daerah terdiri dari 53 Inovasi inisiatif, 18 inovasi uji coba dan 100 inovasi penerapan.

Choiruddin Batubara berharap pada IGA tahun 2023 ini Kabupaten Pasaman bisa meraih predikat kabupaten sangat inovatif dan terinovatif, untuk itu diminta kepada seluruh penanggung jawab inovasi pada masing-masing SKPD yang mengikuti Bimtek Indeks Inovasi Daerah hari ini dapat memaksimalkan dan penginputan data inovasi daerah serta menyiapkan dan melengkapi data dukung setiap indikator yang diminta dengan bersungguh-sungguh dan berkomitmen tinggi sehingga bisa mendapatkan hasil yang optima. (Ris)

spot_img

Latest

spot_img