BPBD Pasaman Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Menuju Nagari Tangguh Bencana

Pasaman, Investigasi.News-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman gelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kelembagaan Menuju Nagari Tangguh Bencana Tahun 2022 selama empat hari Tanggal 24-27 November 2022 bertempat di Wisma Murni Lubuk Sikaping, Jumat (25/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasaman Alim Bazar, Merry Efriana, S.E., M.M. Koordinator Manajemen Pasca Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mayor Supadi AS Kasdim 0305 Pasaman, Wenny Tamsil kabid Kesiapsiagaan BPBD Pasaman serta Peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan Menuju Nagari Tangguh Bencana.

Bupati Pasaman yang di wakili Alim Bazar Kepala Pelaksana BPBD Pasaman dalam membuka acara tersebut menyampaikan, marilah niat kita bersama untuk mengurangi resiko bencana kemudian menciptakan kita yang tangguh menghadapi bencana.

“Kegiatan ini kita laksanakan merupakan pengalaman kita pada bencana masa lalu, kita banyak kebingungan dalam menangani bencana,” ujarnya.

Padahal di dalam Undang Undang No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan resiko bencana yang di tetap pada tanggal 26 April 2007 di jadikan hari kesiapsiagaan Bencana Nasional,sudah jelas bahwa yang bertanggungjawab dalam penanggulangan bencana adalah Pemerintah, Masyarakat dan dunia usaha karena kita tidak tahu kapan datangnya bencana.

“Pada saat ini potensi air bandang dan tanah longsor sangat rawan karena curah hujan yang sangat tinggi oleh sebab itu marilah kita persiapkan kelompok Masyarakat, kelompok Relawan dampak terjadi bencana dengan penghitungan cepat apa yang di butuhkan,” pungkas Alim Bazar. (Ris)