Bupati Sabar AS Tegaskan Pentingnya Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa

More articles

spot_img

Pasaman, Investigasi.news – Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Pasaman tahun ini berlangsung khidmat dengan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Pasaman pada Sabtu, 1 Juni 2024. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Pasaman Sabar AS memimpin acara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat.

Upacara tersebut juga dipimpin oleh Komandan Upacara, Danramil 05/Rao, Kapten Inf Nurmansah. Peserta upacara terdiri dari berbagai lapisan, termasuk dua pleton anggota Kodim 0305/Pasaman, satu pleton anggota Polres Pasaman, satu pleton Satpol PP Kabupaten Pasaman, satu pleton anggota BPBD Kabupaten Pasaman, tiga pleton ASN Kabupaten Pasaman, satu regu mahasiswa, siswa SMA 1 Lubuksikaping, serta Forkopimda, Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Kepala OPD, BUMD, dan organisasi masyarakat.

Baca Juga :  Haru, Rindu dan Merinding, Takbiran Di Pasaman Menguras Emosi Kegembiraan

Dalam amanatnya, Bupati Sabar AS menyampaikan pentingnya upacara bendera sebagai bentuk penghormatan terhadap momen lahirnya Pancasila sebagai dasar negara. “Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini adalah saat yang tepat untuk mengenang, menghargai, dan menghormati para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ujar Sabar AS.

Lebih lanjut, Bupati Sabar AS menegaskan bahwa Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dan dasar kepribadian dalam kehidupan bermasyarakat. “Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai landasan kepribadian bangsa,” jelasnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Lahir Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang peristiwa G30S/PKI, sedangkan Hari Lahir Pancasila dirayakan untuk mengenang lahirnya ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

Baca Juga :  Bupati Sabar AS Buka Bintek, Pengembangan Pariwisata Butuh Kesungguhan Dan Tahan ‘Cimeeh’

Upacara ini diakhiri dengan suasana penuh semangat kebangsaan dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap Pancasila di hati masyarakat Pasaman.

Ris

spot_img
spot_img

Latest

spot_img