Ingin Raih Kejayaan Masa Lalu, Pasaman Gelar Bimtek LPPD

Bukittinggi, Investigasi.news – Pemerintah Kabupaten Pasaman selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan pemutakhiran Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD Tahun 2022,, di Balairung Campago Resort Hotel Bukittinggi, Selasa (4/11).

Bimtek diselenggarakan empat hari, dari 8 hingga 11 November dan diikuti 30 orang sekretaris, mulai sekretaris dinas (sekdis) sampai sekretaris kecamatan (sektan)

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, MM dalam pesannya di sesi pembuka, menekankan bahwa bimtek ini sangat penting dan harus diikuti serius, sehingga peserta memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Diingatkan sekda, Pasaman pernah mencapai masa kejayaannya dengan meraih prestasi kinerja tertinggi berupa Parasamya Purnakarya Nugraha.

“Kita semua tentu rindu dengan itu,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, LPPD merupakan rangkuman kegiatan pemerintah selama satu tahun, berbentuk laporan kinerja pemerintahan daerah dalam penyelenggaraan seluruh urusan kongkuren berdasarkan azas desentralisasi dan tugas perbantuan.

“Ini yang harus disempurnakan kembali, karena selama lima tahun terakhir kita Pasaman selalu berkutat di urutan nomor dua di Sumatera Barat,” ingatnya.

Bupati Pasaman dalam pidato yang dibacakan Asisten Pemerintahan Setdakab Pasaman, Hasrizal, S.Sos. menyebutkan bahwa kegiatan Bintek LPPD sengaja dilaksanakan di luar kota, agar para peserta bisa fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“LPPD adalah dokumen penting dalam sebuah siklus proses penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu para sekretaris diharapkan bisa menyusun LPPD unit kerjanya jadi6 lebih sempurna, usai mengikuti bintek ini,” pesan bupati.

Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah III, Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah
Ditjend Otonomi Daerah Kemendagri, Dra.Imelda, M.AP, dalam evaluasinya sempat mengungkap bahwa Pasaman tidak banyak catatan dalam koreksian LPPD.

“Dari catatan kami di kementerian, hanya 4 urusan OPD teknis saja agak bermasalah. Sementara untuk pelayanan dasar bagi masyarakat, hampir tidak ada, tinggal lagi review APIP-nya untuk lebih disempurnakan,” ungkap Imelda, yang mengaku sudah tiga kali ke Bukittinggi.

Ketua panitia Bintek, Dian Natylla S.STP dalam laporannya menyampaikan Bimtek LPPD ditujukan untuk penyamaan persepsi dalam penyusunan laporan penyelenggaran pemerintahan, sekaligus guna peningkatan kompetensi aparatur dan peningkatkan capaian kinerja pemerintah daerah Kabupaten Pasaman..

Hari pertama usai pembukaan, tampil pemateri dari Kemendagri, Dra. Imelda, MSi. Materi Imelda lanjut hari ke 2, dengan mengupas materi LPPD yang sudah disampaikan Pemkab Pasaman.

Turut memberikan materi, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat serta Asisten Pemerintahan Setdakab Pasaman. Mc