Pasaman Siap Jadi Tuan Rumah Latsitardanus XLIII 2023

More articles

spot_img

 

Yogyakarta, Investigasi.news – Kabupaten Pasaman ditetapkan sebagai daerah sasaran Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke- XLIII tahun 2023, bersama empat kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat.

“Kita di Kabupaten Pasaman menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Karena Latsitardanus merupakan implementasi pemantapan jiwa integrasi antara Taruna Akademi TNI, Taruna Akpol, Praja IPDN dan Taruna Akademi Sandi Negara, bersama mahasiswa perguruan tinggi lokal beserta masyarakat,” ujar Bupati Benny Utama.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Benny memaparkan materi kesiapan Kabupaten Pasaman sebagai daerah pelaksanaan Latsitardanus XLIII/2023, khususnya bagi taruna/taruni yang tergabung dalam Yontarlat Elang di bawah asuhan Akademi Angkatan Udara.

Sebagaimana lazimnya, sebelum pelaksanaan kegiatan Latsitardanus, para taruna/taruni tingkat akhir tersebut diberikan pembekalan terlebih dahulu untuk mengenal daerah yang akan mereka sasar.

Dalam Latsitardanus ke- XLIII tahun 2023 ini, Bupati Benny Utama dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, diundang khusus menghadiri pembekalan Latsitardanus LXIII/2023 di Gedung Sabang Merauke, Akademi Angkatan Udara (AAU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (3/5/2023).

Acara pembekalan yang dibuka Gubernur AAU diwakili Dirdik AAU Kolonel (pnb) M. Apon tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan Sumatera Barat terkait gambaran situasi daerah, keragaman budaya Minang Kabau, Adat Istiadat Minang Kabau serta Kearifan Lokal masyarakat Minang Kabau, sehingga nantinya para taruna/taruni dapat dengan mudah berbaur.

Pelaksanaan Latsitardanus di Sumatera Barat berlangsung mulai 15 Mei hingga 7 Juni 2023 di lima Kabupaten dan Kota, yakni Kota Padang, Kota Solok, Kota Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Pasaman.

Wakil Gubernur Sumbar, Audi Joinaldy disela-sela pembekalan mengungkap bahwa, Latsitardanus merupakan kegiatan rutin yang diikuti taruna akademi tingkat akhir sebelum akhirnya dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI dan Polri oleh Presiden RI.

“Akan berdampak baik bagi perkembangan pembangunan dan system keamanan daerah, karena disini mereka telah mengenal tentang kultur dan kehidupan sosial masyarakat di tempat mereka bertugas nantinya,” jelas Audy.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sendiri kata Audy, mendukung sepenuhnya kegiatan Latsitardanus yang akan berkolaborasi dengan lima Pemerintah Kab/kota di Sumbar dalam berbagai kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan selama 22 hari.

Diakhir acara diadakan diskusi dan tanya jawab serta foto bersama wakil gubernur, para bupati dan walikota beserta seluruh peserta Latsitardanus XLIII/2023 dan pejabat AAU.

Pembekalan Latsitardanus 2023 Sumatera Barat di AAU Yogyakarta, berjalan lancar dan diikuti Taruna/Taruni AAU tingkat IV sebanyak 114 orang. MC/Ris

spot_img

Latest

spot_img