Pemilihan Uda Uni Pasaman Bakal Dimulai Malam Ini

Pasaman, Investigasi.News – Dua puluh lima orang peserta pemilihan uda uni Duta Wisata Kabupaten Pasaman melaksanakan seleksi yang dilakukan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Raga dan Budaya (Disparporbud) kabupaten Pasaman. Seleksi ini adakan di Aula Wisma Murni Lubuk Sikaping Jumat dan Sabtu (21-22 Oktober 2022). Hal ini dikatakan oleh Ade Harlen, S.STP, MSc Kadis Parpora didampingi Kabid Pariwisata Ahdi Susanto, S.Pd, M.Pd Pada media ini Sabtu (22/10).

Ade Harlein mengatakan pemilihan Uda Uni Duta Pariwisata Kabupaten Pasaman merupakan agenda tahunan Disparporabud Kabupaten Pasaman untuk memperkenalkan adat istiadat serta budaya Minang kepada generasi”, Ujarnya.

Lebih lanjut Ade mengatakan “Peserta yang terpilih menjadi duta wisata, merupakan salah satu ujung tombak pemasaran pariwisata Kabupaten Kabupaten Pasaman nantinya”, ujar Ade Harlein.

Peserta Uda Uni Duta Wisata berasal dari setiap Kecamatan di Kabupaten Pasaman. dengan rentang umur 17 hingga 24 tahun dan tinggi badan minimal Uda, 165 cm dan Uni, 160 cm.

Peserta dalam seleksi awal pemilihan Uda Uni Duta Wisata ini mengikuti seleksi awal dengan tes wawancara mengenai pengetahuan umum, pemerintahan, agama, adat dan budaya minangkabau, kepariwisataan, bahasa inggris, psikologi, etika, dan kepribadian.

Selain itu juga ada seleksi pidato tentang kepariwisataan dan penampilan bakat peserta. Dari seleksi ini akan diambil keDua puluh lima peserta Uda Uni Duta Wisata untuk maju ke babak final. Yang akan diadakan acaranya nanti malam (Malam Minggu) ini diharapkan masyarakat mensukseskannya di GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman”, ujar Ade.

Pemilihan Uda Uni Duta Wisata merupakan salah satu upaya memacu dikenalnya budaya kabupaten Pasaman serta membentuk semangat generasi muda yang tidak terlepas dari Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, tutupnya. (Ris)