Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Kaum Datuk Majo Indo Gelar Balimau Adat

More articles

spot_img

Pasaman, investigasi.news – Jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023. Cucu kemenakan Kaum Datuk Majo Indo pucuak bulek urek tunggang Pauah Ujuang Tanjuang Lubuak Sikapiang gelar tradisi balimau anak Nagari Pauh – Durian Tinggi, Rabu sore (22/3/2023).

Kegiatan ini diawali prosesi adat di rumah gadang Datuk Majo Indo yang diikuti Tuo bainduak nan Salapan, Datuk Rajo Batimbang, Timbalan Majo Indo, Bundo Kandung dan Cucu Kamanakan Datuak Madjo Indo.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki , dari rumah gadang Datuk Majo Indo menuju Masjid Raya Pauah Durian Tinggi untuk bertemu dengan kaum Datuak Majo Batuah pucuak adaik nagari Durian Tinggi secara adat merupakan anak dari Datuk Majo Indo.

Seterusnya digelar acara balimau dan ber maaf – maafkan dengan seluruh yang hadir di kegiatan tersebut serta di tutup sholat Magrib berjamaah.

Pada kesempatan tersebut turut di hadiri Bupati Pasaman, H.Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman, Kapolres Pasaman, Anggota DPRD Dapil I Kabupaten Pasaman dan ribuan masyarakat Nagari Pauah serta Durian Tinggi.

Ninik Mamak Tommy Irawan Sandra Datuk Majo Indo menyampaikan tradisi balimau adat merupakan sejarah adat turun-temurun bagi kaum Datuk Majo Indo dan Datuk Majo Batuah yang dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan

“Ini merupakan salah satu langkah untuk mempertahankan tradisi adat yang diikuti seluruh Pemangku Adat, Ninik Mamak, Bundo Kandung dan Cucu Kemenakan,” ujarnya.

Ramadhan

Ia juga menyebutkan momen balimau adat ini juga sekaligus sebagai ajang saling bermaaf-maafan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023.

“Serta untuk mempererat hubungan silatuhrahmi dengan masyarakat dua nagari tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman, H.Benny Utama berharap tradisi balimau ini terus berlanjut, yang mana sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi covid – 19.

Benny Utama mengatakan tradisi balimau ini adalah balimau hati yang mana saling bertemu dan saling bermaaf – maafan menjelang Ramadhan.

“Dua masyarakat Nagari Pauah dan Nagari Durian Tinggi saling bertemu dan saling bermaaf-maafan untuk mensucikan diri dalam menghadapi puasa Ramadan, ” ujarnya

Pada kesempatan itu Bupati Pasaman menyampaikan kepada masyarakat Pasaman atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. ( Zul/Ris )

spot_img

Latest

spot_img